Petugas Masih Berjuang Padamkan Api di Gunung Kembar

Jalur pendakian Gunung Arjuna.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kebakaran hutan di kawasan Gunung Arjuna kembali terjadi. Api dan kepulan asap pertama kali terpantau pada Sabtu 28 September 2019, pukul 19.00 WIB. Saat itu, api terpantau di blok Gunung Kembar Satu.

Hampir 10 Ribu Warga Palembang Terpapar ISPA Dampak Kabut Asap, Mayoritas Balita

Namun, pada hari ini, Senin 30 September 2019, api merembet ke blok Gunung Kembar Dua.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Sasmito mengatakan, pada Sabtu lalu, pihaknya sudah memberangkatkan tim untuk memadamkan api di blok Gunung Kembar Satu. Kemudian, tim selanjutnya diberangkatkan pada Minggu 29 September 2019, dan tim lainnya diberangkatkan pada hari ini.

Angin Puting Beliung Bikin Kebakaran di Gunung Bromo Semakin Tidak Terkendali

"Tim 1 dan Tim 2 telah sampai di titik kebakaran di Gunung Kembar dua. Pukul 09.32 WIB, diberangkatkan Tim 4 yang berjumlah enam personel bersama Kepala UPT Tahura R. Soerjo, Wahyudi untuk membantu operasi pemadaman kebakaran hutan Gunung Arjuno. Hingga saat ini, asap masih terlihat di Gunung Kembar Dua," kata Sasmito.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan BPBD Kota Batu, Rochim mengatakan, api yang terpantau pada Sabtu, sebenarnya telah berhasil dipadamkan oleh petugas dengan cara manual. Namun, pada Minggu, api kembali muncul di Gunung Kembar Dua hingga saat ini petugas BPBD masih berupaya melakukan pemadaman dengan cara manual.

Kebakaran Gunung Arjuno Meluas, Jatim Butuh Helikopter Water Bombing Tambahan

"Sempat padam di Blok Gunung Kembar Satu. Tapi Minggu, api terpantau di Blok Gunung Kembar Dua. Saat ini, Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana BPBD Kota Batu sudah di Pos Tahura R. Soeryo 04 Desa Sumberbrantas untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Informasi lain-lain akan kami sampaikan, setelah ada perkembangan lebih lanjut," ujar Rochim.

Hingga saat ini, asap masih terlihat di Gunung Kembar Dua. Upaya manual untuk memadamkan api dengan cara metode sekat bakar dan metode gopyok. Sementara itu, alat yang digunakan adalah sabit, cangkul, dan alat pertukangan lainnya. (asp)

Ular Gede Hangus Terbakar di Gunung Sindur Bogor

Geger Puluhan Ular Cobra dan Anak-anaknya Mati Terbakar di Lahan Bogor

Sebuah lahan yang berada di Desa CIbadung, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor belum lama ini mengalami kebakaran lahan. Banyak hewan mengerikan mati sesaat.

img_title
VIVA.co.id
1 November 2023