Jumlah Tersangka Kasus WA Grup STM Bertambah Jadi 12 Orang

WA Grup Mengatasnamakan Anak STM
Sumber :
  • Foto Viral WhatsApp Grup STM""

VIVAnews - Jumlah tersangka kasus WhatsApp group (WAG) siswa STM/SMK, yang berisi ajakan merusuh dalam kegiatan demonstrasi tolak RUU KPK di depan gedung DPR/MPR, bertambah jadi 12 orang. Dari 12 tersangka tersebut, 10 orang di antaranya anak di bawah umur.

Geger Seorang Pelajar SMP Terkapar Dikeroyok Sesama Pelajar, Pelaku Panik Ada CCTV

"Sampai hari ini tersangka bertambah menjadi 12 orang. Yang masih di bawah umur, didiversi," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Polisi Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 7 Oktober 2019.

Untuk dua tersangka lainnya, Asep menuturkan sudah berusia dewasa. Dari 12 tersangka, tiga tersangka merupakan kreator dan 9 lainnya berperan sebagai admin grup.

Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia

Lebih lanjut, Asep menuturkan penanganan 10 tersangka di bawah umur dilakukan diversi. Sementara dua tersangka dewasa tak dilakukan penahanan.

"Mereka tetap tersangka tapi tidak ditahan," kata Asep.

Pelajar SD di Simalungun Jadi Tersangka Kasus Perundungan, Ini Penjelasan Polisi

Sebelumnya, polisi menetapkan tujuh tersangka terkait WA Grup siswa STM/SMK yang isi perbincangan di dalamnya dinilai sarat provokasi. Modus operandi para tersangka adalah membuat WAG dan membagikan link WAG ke media sosial dengan harapan dapat menghimpun massa untuk 'bergerak' ke gedung DPR/MPR dan ikut demonstrasi tolak RUU KPK dan RUU KHUP.

Salah satu percakapan yang bersifat provokasi adalah admin meminta member grup WAG membawa bekal batu, senjata tajam, dan bom molotov saat ikut demonstrasi.

Tangkapan layar video viral remaja aniaya pelajar SMP di Makassar.

Remaja yang Viral Keroyok Pelajar SMP di Makassar Ditangkap, Ada 5 Pelaku Masih Dibawah Umur

Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan menangkap lima pelaku pengeroyokan terhadap seorang pelajar SMP. Kelima pelaku itu terbilang masih dibawah umur. Aksi mereka viral.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024