Hiu Paus Berbobot 1,5 Ton Mati Terdampar di Pantai Pesisir Selatan

Hiu paus terdampar di pantai Kampung Taluak Batuang, Sumatera Barat.
Sumber :
  • VIVAnews/ Andri Mardiansyah.

VIVAnews - Seekor hiu paus berbobot 1,5 ton dengan panjang 741 sentimeter, ditemukan mati terdampar di Pantai Kampung Taluak Batuang, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Paus Fransiskus Puasa Nonton TV Selama 35 tahun, Ini Alasannya

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVAnews di lapangan, satwa liar dilindungi yang memiliki nama latin rhincodon typus itu, diketahui mati pada Senin sore, 7 Oktober 2019, sekitar pukul 16.00 WIB, setelah sebelumnya sempat terjerat jaring ikan.

Meski nelayan bersama warga setempat sudah berupaya menarik kembali hiu paus itu ke tengah laut, spesies ikan terbesar pemakan plankton itu tetap menepi. Hingga kini, bangkai hiu paus itu menjadi tontonan warga setempat.

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Untuk sementara, otoritas terkait dalam hal ini Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Kota Padang, memiliki tiga opsi untuk menangani bangkai hiu paus tersebut yakni dengan cara dibakar, dikubur dan dibenamkan ke laut dalam.

“Ada tiga opsi, dikubur, bakar atau dibenamkan ke laut dalam. Kemungkinan besar, akan kita kubur saja. Sekarang lagi menunggu alat berat untuk mengangkat bangkai hiu paus ini,” kata Fadli Pratama Wijaya, petugas reaksi cepat BPSPL Padang, Selasa 8 Oktober 2019.

Deretan Penerawangan 2024 Nostradamus, Salah Satunya Bencana Mengerikan

Fadli menduga, terdamparnya hiu paus ini disebabkan oleh dua faktor yakni faktor keasyikan mencari makan hingga terjebak di laut dangkal dan faktor kedua disebabkan arus serta angin yang cukup kencang.

“Waktu terdampar masih hidup namun lemas. Matinya kira-kira pukul 16.00 WIB,” tutur Fadli.

Kesehatan Paus Fransiskus kembali menurun

Top Trending: Sosok Ratu Judi Asal Israel Hingga Paus Puasa Nonton TV 35 Tahun

VIVA menyuguhkan banyak berita dengan topik-topik yang sukses menyita perhatian pembaca hingga bertengger sebagai berita terpopuler kanal Trending.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024