Ridwan Kamil Sebut Kebakaran Kawah Putih Dipicu Puntung Rokok

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

VIVA Kebakaran hutan di kawasan wisata Kawah Putih Ciwideuy, Desa Suguhmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat diprediksi melalap lahan mencapai 20 hektare.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan kebakaran tersebut diakibatkan puntung rokok. “Sudah dapat laporan, sebagian ada kebakaran dari puntung rokok, menurut laporan,” ujarnya di Mason Pine Parahyangan Kabupaten Bandung Barat, Rabu, 9 Oktober 2019.

Ridwan Kamil mengimbau masyarakat yang datang ke kawasan Kawah Putih untuk tertib menjaga kebersihan, terutama untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Geger! Warga Temukan Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

“Para wisatawan, para pengunjung di musim kemarau ini untuk tidak membuang sampah sembarangan, tidak membuang puntung-puntung rokok yang memang secara logika bisa mengakselarasi atau memantik kebakaran,” ujarnya.

Ridwan Kamil memastikan, penanganan terus berlanjut ditambah dengan turunnya hujan yang secara langsung meredam kobaran api. “Alhamdulillah kemarin hujan kan, secara penanganan dibantu hadirnya hujan. Masih terus berproses. Jadi setiap ada laporan BPBD sudah saya tugaskan sesuai SOPnya untuk memadamkan peristiwa-peristiwa kebakaran yang memang mengemukanya selalu di musim kemarau,” ujarnya.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Seperti diketahui, kebakaran melanda lahan dan hutan di kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin, 7 Oktober 2019. Kebakaran di lahan Kawah Putih Ciwidey melalap beragam jenis tanaman, seperti Pohon Cantigi, Pakis Andam.

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Golkar cenderung mendorong Ridwan Kamil (RK) maju di Pilkada Jawa Barat ketimbang DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024