Gempa 6,6 M Mindanao Terasa Sampai Sulawesi

Ilustrasi peta gempa Mindanao Filipina
Sumber :
  • Twitter EMSC @LastQuake

VIVA – Gemba bumi 6,6 magnitudo mengguncang Mindanao, Filipina, Selasa, 29 Oktober 2019. Guncangan gempa ini terasa sampai sejumlah daerah di Sulawesi Utara.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan gempa berkekuatan 6,6 itu terasa hingga wilayah Indonesia.

"Gempa bumi Mindanao Ini dirasakan di wilayah Indonesia seperti Tahuna, Kabupaten Sangihe dan Melonguane, Kabupaten Talaud dalam skala intensitas II-III MMI. Guncangan seperti ada truk berlalu," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangannya di Jakarta.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Dia menyebut akibat gempa itu, informasi yang diterimanya sementara korban luka-luka mencapai 24 orang. Begitupun korban tewas juga satu orang.

"Dampak gempa saat itu menyebabkan setidaknya satu orang meninggal dunia dan lebih dari 24 orang terluka akibat guncangan gempa pembuka tersebut," katanya.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Daryono menambahkan, gempa bumi di Mindano ini dipicu oleh aktivitas sesar aktif yang belum dikenali.

Dikutip dari lembaga Geologi AS, U.S.Geological Survey @USGted, update gempa berkekuatan 6,6 m dari sebelumnya 6,8.

Akibat gempa ini membuat kepanikan warga Filipina. Salah satunya pasien Rumah Sakit Saint Elizabeth di General Santos City yang dievakuasi karena guncangan gempa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya