Terungkap Misteri Hilangnya Mobil Sawit yang Tertelan Bumi

Lokasi lenyapnya mobil sawit di tengah jalan.
Sumber :
  • VIVAnews/Bambang Irawan

VIVA – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Irving Kahar,  mengungkap penyebab mobil truk sawit yang hilang ditelan bumi.

Ada 76 Rumah Rusak Akibat Tanah Bergerak di Brebes Jawa Tengah

Mobil bermuatan cangkang sawit sebanyak 50 ton itu terkubur saat tanah pada badan jalan Lintas Pekanbaru menuju Tanjung Buton, Siak, bergerak dan membentuk lubang yang menganga.

Akibatnya mobil truk yang parkir saat itu berubah posisi sehingga lenyap bersama bongkahan tanah bercampur air lumpur. Belakangan diketahui bahwa sekitar lokasi kejadian merupakan bekas aliran sungai.

Viral Bengkel Motor Pinggir Jalan Bergeser dan Lenyap, Ini Biang Keroknya

"Dulunya sekitar puluhan tahun silam, sebelum adanya kabupaten Siak, terdapat arus sungai," kata Irving kepada VIVAnews, Kamis 7 November 2019.

Menurutnya, aliran sungai itu telah ditimbun untuk pembangunan jalan yang menghubungkan kawasan Tanjung Buton.

Menakjubkan, Detik-detik Tanah Timbul dari Dasar Sungai

"Jadi ada kemungkinan beban kendaraan yang berada di lokasi membuat tanah bergerak. Ditambah lagi hujan yang turun dan luntur tanah gambut," terang Irving.

Sementara itu, kedalaman gambut diperkirakan mencapai 10 meter. Situasi itu juga membuat mobil pembawa cangkang sawit terkubur dan sulit untuk dilakukan evakuasi.
 

Rumah warga di Jombang ambles akibat tanah bergerak

Tanah Bergerak di Jombang, Warga Cerita Detik-detik Rumahnya Amblas dan Berhasil Selamat

Setidaknya 11 rumah, milik warga Dusun Sumberlamong, Desa Sambirejo Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, rusak akibat tanah bergerak, pada Kamis dini hari.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024