Prabowo: Prinsip Pertahanan Kita Defensif Bukan Ofensif

Menhan Prabowo Subianto rapat perdana di Komisi I DPR.
Sumber :
  • VIVAnews/ Lilis Khalisotussurur.

VIVA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebut, pertahanan tak boleh dipandang hanya sebagai tambahan. Sebab, infrastruktur boleh dibangun hebat, tapi kalau wilayah tak dijaga, maka akan hilang kedaulatan Indonesia.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

"Karena itu pertahanan negara tak boleh dipandang sebagai suatu tambahan atau adendum, atau suatu keikutsertaan, tapi ini adalah tujuan negara yang pertama. Kita boleh bangun infrastruktur yang banyak hebat. Kalau kita tak mampu menjaga wilayah laut, darat, udara kita, kita akan hilang kedaulatan kita dan kemampuan kita bertahan sebagai negara," kata Prabowo di kompleks parlemen, Jakarta, Senin 11 November 2019.

Ia menjelaskan, wawasan pemikiran dan doktrin Hankamneg akan disusun dan dirumuskan bersama. Adapun pertahanan bagi Indonesia tak bersifat ofensif tapi defensif.

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

"Jadi wawasan kita wawasan defensif. Wawasan menjaga kedaulatan kita. Kita tak berniat mengganggu bangsa lain. Pimpinan politik kita, saya yakin saudara-saudara sekalian yang memegang mandat dari rakyat, kita tak ingin ganggu bangsa lain manapun tapi kita tak boleh membiarkan kepentingan kekayaan kita diganggu bangsa lain," kata Prabowo menegaskan.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid mengatakan hari ini komisinya akan mendengarkan visi misi presiden terkait bidang pertahanan dengan menteri pertahanan Prabowo Subianto. Di antaranya mulai dari soal modernisasi alat utama sistem persenjataan hingga keberpihakan pada industri pertahanan nasional. 

Termasuk Mayor Teddy, Nikita Mirzani Bongkar Perilaku Ajudan-ajudan Prabowo Subianto

"Kita ingin dari menhan karena kebijakan umum dari presiden tersebut nanti yang menjalankan dan merancang kebijakan umumnya adalah menhan, maka kita ingin mendengarkan sikap menhan terkait bagaimana atau apa yang beliau akan lakukan dalam hal meningkatkan kekuatan TNI kita," kata Meutya di kompleks parlemen, Jakarta, Senin 11 November 2019. [mus]

Verrell Bramasta.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

Aktor sekaligus caleg Verrell Bramasta menilai, bahwa Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemimpin negara yang bisa mewujudkan harapan dari kalangan muda.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024