Lantai Musala Ambrol, Mahasiswa Terperosok hingga Tewas Saat Jadi Imam

Ilustrasi garis polisi di tempat kejadian perkara.
Sumber :
  • VIVA/Dani

VIVA – Seorang mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, M Sirajul Milal (22), meninggal dunia karena terperosok ke dalam sumur saat menjadi imam salat Isya di Musala Pesantren Ilmu Giri di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Sabtu, 30 November 2019.

Imam Sholat Subuh Pakai Qunut, Makmum Ikut atau Tidak? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Mahasiswa asal Bogor, Jawa Barat ini terperosok ke dalam sumur yang ada di bawah tempat imam di Musala Ilmu Giri saat tengah memimpin rekan-rekannya menunaikan salat Isya berjemaah.

Kapolsek Imogiri, Kompol Anton Nugroho mengatakan, korban saat itu tengah mengikuti acara pelatihan kepemimpinan dasar. Acara tersebut digelar sejak Sabtu, 30 November hingga Minggu, 1 Desember 2019.

Viral Sebuah Masjid Cari Imam Tarawih Ramadhan, Honornya Berlipat Kali UMR

Saat itu, sambung Anton, korban bersama rekan-rekannya tengah menunaikan ibadah salat Isya. Kebetulan saat itu yang menjadi imam salat adalah korban.

Anton menerangkan, bangunan musala Pesantren Ilmu Giri terbuat dari bambu dengan model rumah panggung. Saat rakaat ketiga, tiba-tiba lantai musala yang berbahan bambu dan triplek itu ambrol. Korban pun terperosok ke dalam sumur yang tepat berada di bawah tempat imam.

H Andi Syamsul Meninggal saat Pimpin Salat Subuh, Netizen: Semoga Husnul Khatimah

"Saat sujud rakaat ketiga, korban tiba-tiba terperosok ke dalam sumur yang ada di bawahnya (tempat korban menjadi imam). Rekan-rekan korban pun berusaha menolong dan memanggil warga untuk membantu evakuasi," ujar Anton saat dihubungi.

Anton menceritakan bahwa usai berhasil dievakuasi korban pun segera dilarikan ke RSUD Panembahan Senopati. Namun dari hasil pemeriksaan dokter, diketahui korban telah meninggal dunia.

Anton menambahkan, dari hasil pemeriksaan diduga kondisi lantai musala yang ambrol karena lapuk termakan usia. Anton menjabarkan bahwa peristiwa meninggalnya korban murni karena kecelakaan.

"Jadi itu murni kecelakaan ya. Karena sudah ada visum dan penyelidikan dari Inafis Polres Bantul. Jenazah korban sudah diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan," ujar Anton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya