Saudi Bangun 60 Ribu Toilet Bertingkat di Mina, RI Minta Didahulukan

Suasana tenda jemaah di Mina
Sumber :
  • Kemenag

VIVA – Harapan agar Pemerintah Arab Saudi meningkatkan kualitas layanan di Mina mulai terwujud. Untuk musim haji 1441 Hijriah/2020 Masehi, Pemerintah Saudi akan membangun 60 ribu toilet bertingkat di Mina.

Tahap II Ditutup, 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

Rencana ini terungkap dalam pembahasan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441 H/2020 M antara Menteri Agama Fachrul Razi dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Muhammad Saleh bin Thahir Benten di Mekah. 

“Saudi akan membangun 60.000 toilet bertingkat di Mina untuk semua negara. Menteri Agama Fachrul Razi sudah menyampaikan permintaan ke pihak Saudi agar kawasan tenda yang biasa ditempati jemaah haji Indonesia didahulukan pembangunan toilet bertingkatnya,” ujar Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis usai mendampingi Menag Fachrul dalam penandatanganan MoU Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441 H/2020 M di Mekah, Senin 2 Desember 2019 malam, dikutip dari keterangan tertulisnya.

Kuota 2024 Terbesar Sepanjang Sejarah Penyelenggaraan Ibadah Haji

Menurut Sri Ilham, pembangunan toilet di Arafah dan Mina memang menjadi salah satu usulan Indonesia yang dibahas bersama Kementerian Haji dan Umrah. Keberadaan toilet bertingkat yang telah dibangun di Muzdalifah terbukti dapat mengurangi antrean. “Karenanya, kami berharap toilet bertingkat juga dibangun di Arafah dan Mina guna meningkatkan kenyamanan jemaah haji dan mengurangi antrean,” tutur Sri Ilham.

“Gayung bersambut, Pemerintah Saudi tahun ini sudah akan mulai membangun toilet bertingkat dengan jumlah mencapai 60 ribu,” lanjutnya.

Indeks Kepuasan Jemaah Kian Positif, Performa Petugas Haji Makin Diuji

Usulan tentang pentingnya perbaikan layanan di Mina terus disuarakan Kementerian Agama. Terakhir, pada akhir musim haji 1440 H/2019 M, digelar pertemuan antara Menteri Agama saat itu Lukman Hakim Saifuddin, dengan Gubernur Mekah Khalid al Faisal bin Abdulaziz. 
Pertemuan berlangsung kurang lebih lima belas menit di Imarat-Mekah, Mina, 12 Agustus 2019. 

Gubernur Mekah saat itu mengatakan bahwa sudah dibentuk lembaga atau dewan khusus proyek Mina dan Arafah. Dewan ini diketuai langsung oleh Putra Mahkota, Pangeran Muhammad bin Salman. 

Selain perbaikan fasilitas di Mina, berikut ini sejumlah usulan Indonesia dalam Pembahasan MoU Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441 H/2020 M.

1. Penundaan biaya penerbitan visa jemaah haji Indonesia

Pada pelaksanaan ibadah haji 1441 H/2020 M, jemaah haji akan dikenakan biaya penerbitan visa sebesar SAR300. Kebijakan ini terasa berat oleh Pemerintah Indonesia bila diterapkan tahun ini, karena belum ada persiapan dalam penyusunan anggaran dan belum ada sosialisasi yang cukup kepada calon jemaah haji Indonesia. 

“Pemerintah Indonesia meminta agar kebijakan tersebut ditunda dan tidak dikenakan kepada jemaah haji Indonesia untuk tahun ini,” tutur Sri Ilham.

2. Penghapusan gelang tangan barcode jemaah haji

Sejak 1438 H/2017 M, Kementerian Haji dan Umrah Saudi menerapkan kebijakan bahwa jemaah haji Indonesia wajib menggunakan gelang tangan barcode. Kebijakan ini tidak optimal karena barcode dan gelang yang telah dicetak mudah rusak saat terkena keringat dan air. 

Padahal, Pemerintah Indonesia sudah lama membekali jemaah haji Indonesia dengan gelang identitas dari bahan stainless agar tidak mudah rusak dan bahkan terhadap api. 

“Kami minta agar kebijakan gelang tangan barcode ini dicabut dan jemaah haji Indonesia cukup gunakan gelang dari bahan stainless,” ujarnya.

3. Fast Track untuk seluruh jemaah haji Indonesia

Layanan fast track untuk 70.000 jemaah haji Indonesia yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta diberlakukan sejak musim haji 1439 H/2018 M. Layanan ini terbukti sangat membantu dan mengurangi tingkat kelelahan jemaah haji. 

“Kami harap layanan ini diperluas untuk jemaah haji di seluruh embarkasi di Indonesia dan tanpa tambahan biaya,” ucap Sri Ilham.

4. Perluasan program Iyab untuk seluruh kloter

Tahun 1440 H, maskapai Saudi menerapkan Program Iyab untuk sebagian kloter jemaah haji Indonesia. Melalui program ini, ketika akan meninggalkan bandara Jeddah atau Madinah ke Tanah Air, jemaah tidak melakukan proses keimigrasian seperti perekaman biometrik, sidik jari, dan lainnya. 

Setibanya di bandara, jemaah bisa langsung masuk pesawat. Program ini dinilai baik dan meningkatkan kenyamanan jemaah pada fase kepulangan. 

“Kami meminta agar program ini bisa diterapkan untuk semua kloter baik, yang dipulangkan dengan Saudi Airlines maupun Garuda Indonesia,” tutur Sri Ilham.

5. Penempatan jemaah di Armina berdasarkan zonasi di Mekah

Sejak 2019, Indonesia menerapkan sistem zonasi dalam penempatan jemaah haji di Mekah. Penempatan dengan sistem zonasi ini juga diberlakukan di Arafah dan Mina. 

“Kami minta agar hal sama diberlakukan untuk musim haji tahun ini,” ucap Sri Ilham.

6. Transportasi jemaah di Mina

Setiap tahun, selalu saja ada jemaah haji Indonesia yang menempati kawasan perluasan Mina dengan jarak lebih 8 kilometer dari jamarat. Jarak yang jauh ini membuat jemaah kelelahan. “Kami usul agar disediakan layanan transportasi pergi pulang dari kawasan perluasan Mina ke Jamarat,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya