Gandeng Grab, Sultan Ingin Semua Pekerjaan Pemprov DIY Pakai Aplikasi

Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencanangkan pengembangan provinsi cerdas atau smarter province berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Guna mengembangkan provinsi cerdas, Grab Indonesia pun digandeng.

Jokowi Minta Bos Apple Bantu Pengembangan Smart City di IKN

Sebagai bentuk kerja sama yang dinamai 'Co-creation for a Smarter Province', nota kesepakatan antara kedua pihak pun ditandatangani. Penandatanganan ini dilakukan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dengan Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi di Gedong Pracimosono, Kepatihan, Yogyakarta, Jumat, 13 Desember 2019.

Sultan HB X berharap, program kerja sama ini bisa meningkatkan kinerja Pemprov DIY untuk menjawab tantangan zaman. Selain itu, kerja sama disebut pula oleh Sri Sultan HB X sebagai peningkatan level kompetensi di era ekonomi digital.

Perusahaan Teknologi Jepang Siap Bantu IKN Jadi 'Smart City'

"Kami berharap program ini menjadi suatu yang berkelanjutan sehingga terus memberikan manfaat positif bagi masyarakat," ujar Sultan HB X dikutip Sabtu, 14 Desember 2019. 

Raja Keraton Yogyakarta ini juga berharap kerja sama akan menjadi permulaan bagi DIY untuk memiliki akses mobilitas lebih baik, pelayanan publik lebih mudah, serta peningkatan kesadaran terhadap budaya dan pariwisata. Serta mampu memenuhi harapan pemerintah DIY di dalam upaya membangun creation untuk smart province meliputi co creation, untuk suistanable ekonomi dan lain-lain mampu membawa manfaat.

Membangun IKN jadi 'Smart City'

“Pemerintah DIY sudah membangun suistanable cukup lama. Dengan aplikasi ini diharapkan mampu membantu pekerjaan kita semua,” kata Sultan HB X.

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, kerja sama ini diklaim mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sebab nantinya, teknologi ini akan membuat mobilitas pemprov DIY lebih tinggi dan efisiensi dalam pelaksanaan tugas.

Neneng menambahkan, lewat kerja sama tersebut Grab ikut mendukung program pemerintah DIY. Seperti program di bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, pemuda dan olah raga dengan menggunakan tehnologi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya