Istri Gus Dur Dianugerahi Doktor Kehormatan oleh UIN Yogyakarta

Upacara penganugerahan gelar doctor honoris causa untuk Sinta Nuriyah, Istri mendiang presiden keempat RI Abdurrahman Wahid, di kampus UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Rabu, 18 Desember 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Cahyo Edi

VIVA – Istri mendiang presiden keempat RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah, dianugerahi gelar doctor honoris causa dalam bidang pluralisme oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Dianggap Politis, Mahasiswa UB Tolak Gelar Doktor HC untuk Menteri BUMN

Dalam upacara pengukuhannya di kampus UIN Sunan Kalijaga pada Rabu, 18 Desember 2019, Sinta menyampaikan pidato ilmiahnya yang berjudul "Inklusi dalam Solidaritas Kemanusiaan: Pengalaman Spiritualitas Perempuan dalam Kebinekaan".

Sinta bercerita tentang pengalaman hidupnya dari satu kota ke kota yang lain serta pergaulannya dengan berbagai macam suku, agama, dan budaya yang menorehkan beragam warna dalam spektrum pola pikir dan aktivitas

Megawati Luapkan Kebanggaannya Usai Puan Dapat Gelar Doktor HC dari PKNU Korsel

"Peristiwa tragedi Mei 1998, yang begitu mengoyak nurani kemanusiaan, telah menyadarkan saya tentang betapa pentingnya kerukunan dan kasih sayang di antara sesama anak bangsa Indonesia," katanya.

Saat menjadi Ibu Negara mendampingi Gus Dur sebagai presiden, sejumlah program pluralisme dan kemanusiaan dibuat olehnya untuk menciptakan kerukunan dan kasih sayang sesama anak bangsa.

Puan Maharani Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari PKNU Korsel

"Untuk itu, perkenankan bagi saya menyampaikan pidato pengukuhan untuk memperoleh gelar Doktor Honoris Causa saya melalui pengenalan Sahur Keliling sebagai sarana untuk menempa ketakwaan, sekaligus mempertajam pengertian tentang Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Dalam penganugerahan gelar doktor itu, sejumlah tokoh hadir, di antaranya Menkopolhukam Mahfud Md, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

75.362 Siswa Lulus SPAN-PTKIN 2023, Ini 10 Kampus UIN yang Paling Diminati

Ketua Panitia Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN)  Imam Taufiq mengatakan ada 75.362 siswa yang dinyatakan lulus.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2023