Satu Keluarga Tewas Tertimbun Longsor di Lebak Banten

Tim Basarnas mengevakuasi korban longsor di Lebak
Sumber :
  • VIVAnews/Yandi Deslatama

VIVA - Tim SAR gabungan dari Basarnas Banten, TNI, Polri, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dan masyarakat berhasil menemukan satu keluarga yang tewas di RT 03 RW 02, Kampung Cigobang, Desa Banjarsari, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten, yang tewas tertimbun longsor. Korban ditemukan sekitar pukul 12.30 WIB.

Usut Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang, Polisi Bakal Gelar Olah TKP Pekan Depan

"Ditemukan terkubur di kedalaman sekitar delapan sampai 10 meter. Kita melakukan penggalian dengan alat sekadarnya, seperti sekop atau pacul," kata Kepala Basarnas Banten, Zaenal Arifin, saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Jumat, 3 Januari 2020.

Korban yang ditemukan bernama Encih (30), Tiong (12), Diva (8), Enon (4) dan Fahmi (3). Mereka terkubur di dekat rumahnya. Setidaknya, sudah ada enam korban selamat yang berhasil dievakuasi oleh Basarnas, tujuh meninggal dunia dan satu lagi masih dalam proses pencarian.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

"Untuk sampai ke lokasi, tim SAR gabungan kita harus berjalan kaki sekitar tiga jam. Mereka berangkat pukul 06.00 WIB dan sampai ke Kampung Cigobang pukul 09.00 WIB dan bergabung dengan tim yang sudah berada di sana terlebih dahulu," katanya.

Bahkan menurut laporan dari personel Brimob Polda Banten, ketinggian lumpurnya mencapai sepinggang orang dewasa. Sehingga harus ekstra hati-hati untuk menuju lokasi bencana.

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

"Jalan kakinya tiga jam, kemudian kesulitannya ada medan lumpur sepinggang ya," kata Kapolda Banten, Irjen Pol Tomsi Tohir, ditemui awak media di Mapolsek Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten. (ase)

Korban tewas dan selamat banjir bandang saat dievakuasi ke Puskesmas di Kabupaten Langkat.(istimewa/VIVA)

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Banjir badang atau air bah terjang lokasi wisata pemandian Kolam Abadi Teroh-teroh/Pelaruga Jungle, di Dusun I Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingei, Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024