Laman KPU Bantul Jadi Sasaran Peretas Orang Iseng

Laman KPU Bantul yang di-hack
Sumber :
  • VIVAnews/Cahyo Edi

VIVA – Laman resmi milik Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Bantul, DIY, kab-bantul.kpu.go.id diretas oleh orang tak bertanggung jawab. Peretasan ini terjadi sejak Minggu 5 Januari hingga Senin 6 Januari 2020, sekitar pukul 15.30 WIB.

Bappebti Blokir 1.855 Situs Web Ilegal Sepanjang 2023

Ketua KPU Kabupaten Bantul, Didik Joko Nugroho membenarkan perihal peretasan yang dialami oleh laman resmi lembaga yang dipimpinnya. Peretasan ini pertama kali dilaporkan pada Minggu, 5 Januari 2020 sekitar pukul 09.00 WIB oleh seorang staf yang bertugas mengelola laman itu.

Didik menyebut pagi tadi pihaknya berkoordinasi dengan KPU DIY perihal peretasan tersebut. Kemudian, peretasan dilaporkan ke KPU RI dan ditangani oleh tim IT dari KPU RI.

Jokowi Inaugurates Seven Regional Roads in Yogyakarta

"Diretas sejak kemarin pagi, sekitar pukul 09.00 WIB. Kemudian, sudah bisa diambil alih lagi tadi, sekitar habis Ashar, sekitar jam 15.30 WIB, dengan bantuan tim IT dari KPU RI," ujar Didik, saat dihubungi, Senin 6 Januari 2020.

Didik menerangkan, setelah berhasil diambil alih, pihaknya pun melakukan pengecekan terhadap data-data di laman tersebut. Dari pengecekan, sambung Didik tak ada data-data maupun informasi yang hilang dari laman tersebut.

Hacker Bisa Pakai Ponsel untuk Memata-matai Seseorang

"Tidak ada data maupun informasi yang hilang. Kalau dari kami menilai, ini perbuatan orang iseng saja," jelas Didik.

Dari hasil pantauan, website KPU Bantul saat ini telah kembali seperti semula. Sebelumnya, saat diretas tampilan website KPU Bantul tak bisa dibuka dan di halaman depan tertulis 'Hacked by Mr.RM19.

Di halaman utama itu terpasang pula foto sepasang pemuda dan pemudi yang muncul. Foto tersebut ditutup emoticon love warna merah di bagian wajah.

Adapula tulisan 'Tetaplah bersamaku walau pun dunia ini kacau, aku mencintai mu setulus hati ku, kamu tidak perlu tau aku siapa di depan komputer yang harus kamu tau adalah AKU MENCINTAI MU!' dalam laman KPU Bantul tersebut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya