Ridwan Kamil: Korban Banjir-Longsor Bogor Direlokasi ke Rumah Tapak

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan rencana Pemerintah Pusat merelokasi korban banjir bandang dan longsor di Sukajaya Kabupaten Bogor tengah dalam kajian.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Menurutnya, arahan dari Presiden Joko Widodo itu akan direalisasikan dalam bentuk rumah tapak di area lahan PT Perkebunan Nusantara (PTPN).

“Yang di Bogor sudah diputuskan tidak mungkin di tempat yang longsor; kemungkinan akan dicari instruksi Pak Presiden di tanah PTPN, dengan bentuk rumah tapak kompak sifatnya kampung,” katanya di Bandung, Kamis, 9 Januari 2020.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Berdasarkan laporan yang diterimanya, calon penerima rumah tapak dari relokasi mencapai dua ribu kepala keluarga. “Bu Ade (Bupati Bogor) sudah ditugaskan melakukan kajian seberapa luas yang dibutuhkan dari tanah PTPN,“ ujarnya.

Pemerintah pusat memberikan kompensasi kepada masyarakat korban banjir bandang dan tanah longsor. Beberapa daerah yang menjadi korban seperti di Kabupaten Bogor tepatnya di Sukajaya maupun di Kabupaten Lebak ,Banten. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono mengatakan, keputusannya memang ada relokasi seperti di Bogor ada sekitar 2.800 rumah. 

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Mereka yang direlokasi akan dibangunkan rumah seukuran tipe 3x6 meter. Sementara yang rusak berat, pemerintah menyiapkan Rp50 juta.

Di Sukajaya, Bogor, relokasi dilakukan di lahan milik BUMN, yaitu PT Perkebunan, sesuai dengan permintaan Jokowi bahwa relokasi dari tempat semula. (ren)

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024