Eks Tim Jokowi dan Prabowo Berebut Rekomendasi Gerindra

DPD Gerindra Jatim gelar rakercabsus
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jawa Timur menggelar Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) di kantornya di Kota Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu, 11 Januari 2020.

Gerindra Ragu PDIP Bakal Oposisi, Bambang Pacul: Suka-suka Dia

Pada kesempatan ini, empat figur yang belakangan disebut akan maju di Pemilihan Kepala Daerah Surabaya diundang dan diperkenalkan kepada pengurus Gerindra se-Surabaya. 

Dari empat, tiga figur yang hadir langsung yaitu mantan Kepala Kepolisian Daerah Jatim yang juga eks Ketua Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma'ruf wilayah Jatim, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin; mantan juru bicara Prabowo-Sandiaga, Gamal Albinsaid; dan Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia Surabaya, Hariyanto. 

Rencana Megawati Bertemu Prabowo, Puan: Insya Allah

Secara bergiliran, ketiganya diberi kesempatan untuk menyapa pengurus dan kader Gerindra. Sementara satu figur lain, mantan juru bicara Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak di Pilgub Jatim, Zahrul Azhar Azumta alias Gus Hans, menyapa melalui video conference karena tengah berada di Korea Selatan. Hal itu seakan menjadi arena adu visi-misi bagi keempat figur tersebut. 

Dua figur jadi sorotan serius dari perjumpaan politik itu yakni Machfud Arifin dan Gamal Albinsaid. Diketahui, Machfud adalah mantan tim sukses Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2018 sementara Gamal juru bicara rival Jokowi yang diusung Gerindra, Prabowo-Sandiaga. Namun, sambutan kader Gerindra terkesan lebih bersemangat ketika Machfud berbicara menyapa. 

Dasco Yakin TKN Akan Patahkan Semua Argumen Kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud di MK

Ketua Gerindra Jatim Soepriyatno sendiri beberapa pekan lalu di Gedung Negara Grahadi Surabaya pernah melontarkan sinyal bahwa partainya kemungkinan besar akan mengusung calon Wali Kota Surabaya figur berlatar belakang jenderal. Sontak publik Surabaya langsung mengarahkan perhatian kepada Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin.

"Dia jenderal," katanya.

Usai pembukaan Rakercabsus, Soepriyatno mengatakan bahwa keempat nama itu adalah hasil penjaringan dari 18 orang yang mendaftar ke Gerindra untuk maju di Pilkada Surabaya. Setelah digodok di tingkat cabang, selanjutnya DPD akan merekomendasikan satu nama ke Dewan Pimpinan Pusat. "DPP yang memutuskan," ujarnya. 

Soepriyatno tak menjawab gamblang ketika ditanya sudahkah menemukan gambaran siapa sosok yang akan dipilih Gerindra maju. Tetapi lagi-lagi ia melontarkan sinyal pada nama Machfud Arifin.

"Sebelum ada pak Machfud saja, ada enam partai yang datang berkomunikasi dengan kami, apalagi sekarang ada Pak Machfud, bisa lebih banyak partai lagi yang datang," katanya. 

Sementara itu, Machfud mengaku tidak pernah berpikir untuk maju di Pilkada Surabaya. Saat menjadi Kapolda Jatim, ia mengaku sempat disuruh Gubernur Jatim kala itu, Soekarwo, agar ikut berkompetisi, namun menolak. Machfud juga mengaku heran ketika menyebar video mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang meminta agar dirinya maju menggantikan Tri Rismaharini alias Risma. 

"Siapa yang bisa mempengaruhi pendapat Dahlan Iskan, siapa yang bisa menyuruh pak Dahlan. Pak Dahlan pernah datang meminta saya, banyak yang datang ke kantor saya, saya masih enggak mau. Saya realistis, saya bukan orang partai," ungkap Machfud.

Sementara itu, selain dengan Gerindra, Gamal Albinsaid mengaku telah menjalin silaturahim dengan beberapa partai politik lainnya dalam rangka memuluskan running di Pilkada Surabaya.

"Dengan Demokrat, Golkar, PAN, PKS, menyusul kami akan bersilaturahim juga dengan NasDem, PPP dan PKB," katanya. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya