Tambang Ilegal Bikin Longsor Ditutup, Pekerja Dicarikan Pekerjaan Baru

Polisi tutup tambang emas ilegal di Bogor.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Warga yang sebelumnya bekerja di tambang-tambang emas ilegal, juga perambahan hutan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan dicarikan pekerjaan baru. Langkah ini menyusul ditutupnya lokasi tambang ilegal yang sebelumnya jadi mata pencaharian mereka.

Kenali Asuransi Kecelakaan Kerja dan Cara Mengklaimnya

Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, profesi yang dikaji adalah penanam pohon serta tanaman-tanaman hortikultura yang memberi manfaat ekonomi.

"Kita mencari solusi yang juga tidak menimbulkan masalah sosial di hutan, seperti masyarakat tiba-tiba kehilangan pekerjaan (karena tambang ditutup)," ujar Doni usai melakukan peninjauan lokasi longsor yang diakibatkan keberadaan tambang, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu, 18 Januari 2019.

Misteri Hilangnya Dusun Legetang di Kawasan Dieng, Ratusan Jiwa Terkubur Hidup-hidup

Doni menyampaikan, keberadaan tambang-tambang sendiri sudah dipastikan sebagai sebab dari longsor yang terjadi awal 2020 di Kabupaten Bogor. Dalam peninjauan menggunakan helikopter, masih ditemukan ratusan tenda biru di kaki Gunung Halimun yang merupakan penanda tambang-tambang itu, yang menyebabkan ketidakseimbangan ekologi.

"Ada ratusan bangunan-bangunan bertenda biru yang semula digunakan oleh, istilahnya gurandil, petambang. Ini tentu tidak bisa dibiarkan," ujar Doni.

Korban Meninggal akibat Banjir dan Longsor di Bandung Barat Bertambah Jadi 4 Orang

Doni mengemukakan, sejumlah pohon atau tanaman yang dikaji akan menjadi sumber ekonomi baru masyarakat di antaranya alpukat, durian, ketapang, beringin, kapulaga, hingga jamu-jamuan. Selain memberi manfaat ekonomi, tanaman juga merestorasi kondisi daerah hulu yang rusak akibat tambang-tambang ilegal.

"Sesuai dengan perintah bapak presiden, BNPB bersama dengan KLHK melakukan reforestasi, termasuk juga merevitalisasi daerah aliran sungai yang sudah mengalami alih fungsi lahan," ujar Doni.

Tim SAR gabungan saat mengevakuasi jasad korban banjir dan tanah longsor di Gintung, Cicendo, Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa, 26 Maret 2024.

BNPB Sebut Alih Fungsi Hutan Memperparah Dampak Longsor di Bandung Barat

BNPB mengungkapkan alih fungsi hutan memperparah dampak longsor di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, yang merusak ratusan unit rumah dan menewaskan empat orang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024