Wamenhan Sebut Filipina dan Ghana Tertarik Beli Tank Pindad

Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono (tengah).
Sumber :
  • VIVAnews/ Eduward Ambarita

VIVA – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Wahyu Sakti Trenggono menyebutkan, dua negara yakni Filipina dan Ghana berminat membeli alat tempur serta persenjataan dari Indonesia. Di antaranya kendaraan tempur berupa tank jenis medium yang diproduksi PT. Pindad.

Kapal Filipina Alami Kerusakan usai Ditembak Meriam Air oleh Kapal China

Hal itu dikatakan Trenggono di sela- sela rapat pimpinan Kementerian Pertahanan yang turut dihadiri pejabat TNI, hari ini. "Sudah pasti (Filipina dan Ghana). Kalau Filipina itu tank," katanya, di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu 22 Januari 2020.

Trenggono mengatakan, beberapa negara di Afrika merupakan potensi calon pembeli alat- alat persenjataan produk anak negeri. Selain itu, ia menjelaskan, pihaknya juga berencana mengembangkan industri pertahanan dalam negeri lantaran hal tersebut sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo. "Jadi yang pasti kami ingin mengembangkan industri pertahanan dalam negeri," katanya. 

Vietnam Vs Timnas Indonesia, Pertahanan Terbaik Adalah Menyerang

Ke depan, kata Trenggono, ancaman pertahanan tak melulu soal adanya kontak fisik atau pengerahan militer. Kementerian yang dipimpin Prabowo Subianto itu pun telah memetakan ancanan pertahanan non-militer atau nirmiliter yang menjadi tantangan dunia pada masa depan. "Tapi yang paling penting di situ adalah soal tiga hal, pangan, energi, kesehatan. Itu menjadi faktor penting dan jadi bagian," katanya.

Gedung Kemenkopolhukam

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggodok rencana membangun sistem pertahanan semesta di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024