Maju Pilgub, Bupati Sarolangun Janji Bikin Jaringan Gas Rumah Tangga

Bakal cawagub Jambi, Cek Endra
Sumber :
  • Facebook Cek Endra

VIVA – Jambi akan menggelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada September 2020 ini. Salah satu bakal calon gubernur, Cek Endra sudah mempromosikan janjinya.

Pelanggaran Netralitas ASN Diprediksi Naik 5 Kali Lipat di Pemilu 2024

Endra punya program untuk membuat Kabupaten Sarolangun memiliki jaringan gas rumah tangga. Endra yang juga bupati dua periode Sarolangun sudah mengenal daerah yang pernah dipimpinnya itu menyangkut potensi gas.

"Ini tentu sangat menyentuh kepada masyarakat, apalagi Sarolangun memiliki punya potensi gas yang cukup lumayan," kata Endra, dalam keterangannya, Kamis malam, 23 Januari 2020.

Pemerintah Perluas Jargas ke 2,5 Juta Rumah Tahun Depan

Dia mengklaim sudah membangun komunikasi dengan pemerintah pusat terkait programnya tersebut. Endra sudah berkoordinasi dengan Kementerian Energi, Sumber Daya Mineral (ESDM), Pertamina, dan Perusahan Gas Negara (PGN).

"Melihat potensi yang ada, Sarolangun sangat memungkinkan menggarap proyek gas tersebut,” jelasnya.

Kesal Ditampar, Pria di Jambi Bunuh Teman Sendiri

Meski demikian, sebelum program dimulai, ia menyyadari perlu memperhatikan kajian soal Upaya Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup. Namun, daerah Sarolangun dinilai sudah siap. 

"Pastinya sangat bermanfaat bagi masyarakat. Namun, saat ini hanya menunggu keputusan pusat," tuturnya.

Dia menjelaskan jika program jaringan gas rumah tangga ini sudah terealisasi maka setiap kediaman warga akan bisa dialiri gas. Keuntungan lain dengan sistem jaringan gas membuat biaya akan lebih murah.

"Mudah-mudahan bisa dipercepat hadir ke Sarolangun, yang belum pernah rumah tangga dialiri gas langsung. Sehingga masyarakat bisa menikmati kebutuhan gas dengan biaya yang murah," ujar Endra.

Terkait itu, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Kementerian ESDM, Alimuddin Baso menilai Kabupetan Sarolangun layak untuk program jaringan gas. Dia mengatakan, pihaknya masih akan melihat secara keseluruhan terkait perencanaanya,

"Kami lihat dulu, kami sudah dengar keinginan Pak Bupati (Cek Endra), sisi prasyarat terpenuhi. Harus kita rencanakan dulu," kata Alimuddin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya