Imigrasi Sebut Info Masuknya Harun Masiku ke RI Tak Masuk Pusat Data

Imigrasi Bandara Soetta Siapkan 30 Automatic Gate
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly

VIVA – Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Imigrasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jhoni Ginting, mengatakan data keimigrisasian tersangka Harun Masiku dalam kasus suap komisioner KPU Wahyu Setiawan terekam pihaknya namun tidak terkirim ke bagian pusat data.

Hasto PDIP Dikritik Eks Aktivis 98 Gegara Ibaratkan Gibran dengan Sopir Truk

Alhasil, pejabat Imigrasi termasuk Menkumham Yasonna Laoly tidak tahu kalau Harun sebenarnya sudah ada di Ibu Kota pada 7 Januari atau sehari sebelum OTT dilakukan KPK. Pasalnya, pejabat imigrasi tahu informasi dari pusat data.

"Itu didata nggak ada. Ini apa adanya. Tanggal 7 waktu beliau datang, nama petugasnya Putri Wulan Anggraini ini tidak masuk," kata dia dalam acara ILC tvOne, Selasa 28 Januari 2020.

KPK Kembali Cegah Windy Idol Ke Luar Negeri soal Kasus TPPU Hasbi Hasan

Setelah diselidiki ternyata data tidak masuk ke pusat data sejak tanggal 7-19 Januari. Padahal, dia menjelaskan kalau teknologi pihaknya yang bernama Simkim kerap kali membantu KPK menangkap buron. 

"Ini seolah-olah Pak Menteri bohongi publik dengan Simkim. Menangkap Nazzarudin juga pake Simkim, Anggoro Wijoyo, Gayus Tambunan," lanjut Jhoni yang baru ditugaskan menggantikan Dirjen Imigrasi Ronny Sompie yang dicopot dari jabatannya.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Maka dari itu, lanjut Jhoni, tim gabungan independen dibentuk. Mereka akan menyelidiki kenapa data terekam di PC tapi tidak terkirim ke pusat data. Jika ada kelalaian petugasnya, maka tindakan tegas akan dilakukan yakni pemecatan. (ren)

Bea Cukai jalin sinergi dengan Kejaksaan dan Imigrasi

Gandeng Kejaksaan dan Imigrasi, Bea Cukai Siap Optimalkan Pengawasan

Bea Cukai kembali jalin sinergi dengan Kejaksaan dan Imigrasi untuk meningkatkan fungsi pengawasan. Kegiatan ini dilakukan di dua wilayah, yaitu di Kudus dan Parepare.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024