Detik-detik Penembakan Diduga Terjadi di Rutan Cipinang

Ilustrasi pistol.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kepala Rumah Tahanan Klas 1 Cipinang, Muhammad Ulin Nuha membeberkan detik-detik dugaan penembakan terjadi di tempatnya. Berawal ketika anggotanya tengah berjaga di pos jaga.

100 Orang Masih Hilang Dalam Aksi Penembakan di Gedung Konser Moskow

"Jam 2 dini hari saat anggota berjaga di pos terjadi dua kali penembakan dari luar dan tepi jalan," ucap Ulin di lokasi, Senin 10 Februari 2020.

Saat itu ada tiga personel yang jaga di sana. Kemudian, anggota jaga melakukan pengecekan tapi tak mendapatkan apa-apa. Sampai pada pagi harinya sekitar pukul 07.00 WIB, didapati ada kaca yang diduga terdampak akibat dugaan penembakan ini. Pihaknya lantas langsung berkoordinasi dengan Polres Metro Jakarta Timur.

Gathan Saleh Bakal Lakukan Rekonstruksi Kasus Penembakan di Jatinegara Hari Ini

"Pas jam 7 pagi diketahui anggota kaca itu tergores," kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan meski ada kejadian ini, aktivitas di sana berjalan normal. Aktivitas sebelum ada kejadian pun juga normal. Tidak ada keributan antar penghuni rutan sehingga penembakan dipastikan bukan karena adanya masalah dari dalam rutan. Dia juga memastikan tidak ada korban dalam kejadian ini.

Satu Keluarga Ditangkap, Diduga Terlibat Penembakan Brutal di Gedung Konser Rusia

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Dimungkinkan peluru plastik dan peluru tidak tembus. Pengamanan setelah ini akan kami tingkatkan pengawasan internal dan intensif koordinasi dengan Polres," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Timur, Komisaris Besar Polisi Arie Ardian Rishadi menambahkan pihaknya telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara, namun belum ditemukan proyektil. 

Hingga kini belum diketahui motif dibalik dugaan penembakan ini. Kamera Closed Circuit Television telah diperiksa, sayangnya kamera CCTV tidak merekam sampai ke luar jalan. Polisi terus mencari saksi-saksi untuk diperiksa terkait hal ini.

"Saksi sudah beberapa kami periksa, dari petugas (Rutan) tentunya. Jenis senjata kami juga belum tahu apakah ini senapan angin atau air softgun," kata Arie menambahkan.

Sebelumnya diberitakan, Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta Timur, diduga telah ditembak orang tak dikenal, Senin, 10 Februari 2020, sekitar pukul 02.00 WIB. 
Terkait hal ini, kepolisian membenarkan ada kejadian penembakan yang dilakukan orang tak dikenal ini. Polisi telah ke lokasi untuk menelusurinya. Didapati kaca kantor penjagaan pecah.

“Ya (benar ada penembakan di Rutan Cipinang),” ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Timur, Ajun Komisaris Besar Polisi Heri Purnomo, saat dikonfirmasi wartawan, Senin, 10 Februari 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya