Pro-Kontra Warga soal Tambang Emas Banyuwangi, BSI Tawarkan Dialog

Pro-Kontra Warga soal Tambang Emas Banyuwangi, BSI Tawarkan Dialog

Kamis, 20 Februari 2020 | 17:54 WIB
Masih banyak warga yang menolak aktivitas penambangan di Dusun Pancer.
Mbah Sunar dan pemuda Warga Pancer, Banyuwangi, pendukung BSI.
Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Mbah Sunar dan pemuda Warga Pancer, Banyuwangi, pendukung BSI.

VIVA – PT Bumi Suksesindo (BSI) membuka pintu bagi masyarakat untuk berdialog tentang aktivitas penambangan emas di kawasan Tumpang Pitu Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Hal itu dilakukan menyusul masih adanya sebagian warga yang menolak aktivitas penambangan di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, yang dikelola oleh BSI, anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold (Tbk).

“Setiap kritikan kami terima sebagai masukan untuk bahan perbaikan. Kami sangat membuka diri untuk sebuah dialog yang terbuka dengan siapa saja, demi kebaikan bersama agar kegiatan penambagan di Dusun Pancer tetap memberi manfaat kepada masyarakat sekitar,” kata Corporate Affairs PT Merdeka Copper Gold (Tbk), Taufik Oemar Malik, di Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 20 Februari 2020.

Ia menjelaskan, dari total 2.341 pekerja BSI di area tambang di Banyuwangi, sebanyak 1.561 orang merupakan warga sekitar. Selain itu, BSI selama ini juga telah menjalankan beberapa program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR dengan baik. “Kami selalu berusaha agar keberadaan BSI mampu mengangkat taraf hidup serta kesejahteraan masyarakat. Anak-anak nelayan bisa mengenyam jenjang pendidikan yang layak, sehingga mampu bersaing di dunia kerja,” ujar Taufik.

Berita Terkait :
Saksikan Juga