Ungkapan Cinta Abadi SBY untuk Ani dalam Wujud Museum dan Galeri Seni

Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarganya pada saat peletakan batu pertama Museum SBY-Ani di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada Sabtu, 22 Februari 2020.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membangun Museum dan Galeri Seni SBY-ANI di Jalan Lingkar Selatan Kecamatan Ploso, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada Sabtu, 22 Februari 2020. Ia mengatakan, museum itu didirikan sebagai perwujudan dari impiannya dengan mendiang istrinya, Ani Yudhoyono.

Kesal dengan PSI, Demokrat Minta Jangan Seret SBY

SBY mengaku, museum itu didirikan sesuai keinginan istrinya. Bahkan, saat dirawat di Singapura menjelang meninggal dunia, Ani berulang kali meminta agar pembangunannya segera dimulai. "Museum dan galeri ini adalah tanda cinta saya dan keluarga yang amat dalam dan abadi kepada istri tercinta," kata SBY saat prosesi peletakan batu pertama.

Selain SBY, peletakan batu pertama dihadiri oleh keluarga besarnya, di antaranya Agus Harimurti Yudhoyono beserta istri, dan Edi Baskoro Yudhoyono alias Ibas beserta istri, dan keluarga dari Ani Yudhoyono, Sarwo Edhie Wibowo. Hadir pula Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah setempat.

Demokrat Klaim Rakyat Rindu Keberhasilan Era SBY

Juga hadir beberapa menteri dan pejabat era Presiden SBY, di antaranya Dahlan Iskan, M. Nuh, Roy Suryo, Chairul Tanjung, Andi Mallarangeng, dan lainnya. "Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Chairul Tanjung yang membantu perencanaan dan pembangunan museum ini, juga para donatur lainnya," kata SBY.

Menurut Direktur Museum dan Galeri Seni SBY-Ani, Ossy Dermawan, museum itu menyuguhkan perjalanan hidup SBY, yaitu sejak SBY masa kecil dan remaja di Pacitan, ketika mengemban tugas negara di dunia militer, melaksanakan pengabdian sebagai menteri di era Presiden Gus Dur dan Megawati, hingga terpilih menjadi presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat di tahun 2004.

Haikal Hassan: Holocaust Itu Hoax Terbesar!

Museum itu juga akan menampilkan berbagai tema sepuluh tahun masa kepemimpinan SBY, memimpin bangsa dan negara dengan berbagai tantangan dan capaian yang dinikmati oleh rakyat Indonesia. Berbagai prestasi yang berhasil ditoreh utamanya dalam bidang perdamaian (peace), keadilan (justice), kesejahteraan (prosperity), dan demokrasi (democracy).

Galeri Seni Ani Yudhoyono berisi puluhan ribu karya seni seperti lukisan, patung, kain batik, kerajinan tangan, dan benda seni lainnya, buah koleksi SBY maupun mendiang istrinya. Galeri itu sebagai tanda bagaimana SBY dan almarhumah Ani yang sangat mencintai seni budaya Indonesia.

SBY di acara rapat pimpinan nasional Partai Demokrat 2022

Kekuatan SBY dan Ancaman Anas-Moeldoko

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dijadwalkan bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2023