Mutakhirkan Data, BMKG: Gempa di Maluku Magnitudo 6

Gempa bumi magnitudo 6 terjadi di Maluku, Rabu, 26 Februari 2020.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, wilayah Maluku diguncang gempa tektonik dengan magnitudo 6, Rabu, 26 Februari 2020, pukul 14.33 WIB. 

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

"Hasil analisis BMKG menunjukkan parameter awal dengan magnitudo M=6,7 yang kemudian dimutakhirkan menjadi M=6,0," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono di Jakarta. 

Untuk episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7.68 LS dan 131.19 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 56 km arah Barat Laut Kota Saumlaki, Maluku. Gempa berpusat di kedalaman 63 kilometer. 

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktifitas sesar lokal. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike slip)," katanya.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Saumlaki IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), Tual II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya. 

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat diminta agar menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. 

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya