VIDEO: Ahli Herbal Bilang Jahe-Kunyit Bukan untuk Tangkal Corona

Seorang ahli herbal pada Universitas Airlangga Surabaya, dr Aty Widyawaruyanti.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Seorang ahli herbal pada Universitas Airlangga Surabaya, dr Aty Widyawaruyanti, meluruskan informasi yang ramai dibicarakan masyarakat akhir-akhir ini tentang khasiat jahe, kunyit, temu lawak, kencur, dan sejenisnya yang diklaim dapat menangkal virus corona.

Musim Hujan Bikin Gampang Sakit, Ramuan Herbal Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Dokter Aty mengetahui, informasi itu berkembang menyusul keterangan ahli biokimia dan biologi molekuler Universitas Airlangga, Prof Chaerul Anwar Nidom, yang menjelaskan aneka khasiat jahe, kunyit, temu lawak, kencur, dan sejenisnya, yang disebut juga dengan istilah mpon-mpon.

Nidom sebenarnya tidak mengklaim bahwa mengonsumsi mpon-mpon dapat menangkal virus corona, melainkan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dokter Aty setuju dan menekankan perihal itu. Sebab, sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa mpon-mpon, atau kandungan curcumin di dalam tanaman-tanaman obat itu, dapat menangkal virus, termasuk virus corona semacam Covid-19.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Memang, menurut Aty, ada laporan berdasarkan hasil riset bahwa curcumin dapat menghambat pertumbuhan virus. Tetapi itu riset yang terbatas pada uji laboratorium, belum sampai dibuktikan atau disimpulkan dapat menjadi obat. Karena itu pula, belum ada riset yang menyimpulkan takaran atau dosis yang tepat mengonsumsi mpon-mpon untuk menangkal virus, termasuk corona.

Lagi pula, Aty menambahkan, sejauh ini risetnya masih terbatas pada uji laboratorium terhadap virus influenza, bukan pada virus corona, terutama karena virus Covid-19 adalah virus jenis baru. Intinya, untuk menyatakan bahwa mpon-mpon berkhasiat untuk menangkal virus corona, sekarang belum waktunya, karena memerlukan penelitian-penelitian yang lebih mendalam.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week
Zaidul Akbar

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, mengungkap, ada banyak rempah yang bisa dimanfaatkan untuk membantu melancarkan plak di pembuluh darah jantung. Rempah apa?

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024