Dilarang, Garuda Tetap Layani Penerbangan ke Korsel

Pesawat Maskapai Garuda Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVAnews - Maskapai Garuda Indonesia memastikan hingga saat ini pihaknya masih melayani penerbangan dari dan menuju Incheon, Seoul, Korea Selatan.

Cek Arus Balik Mudik di Soetta, Menhub: Penumpang Pesawat Naik 101 Persen

Hal ini menyusul kebijakan yang ditetapkan Kementerian Luar Negeri terkait larangan masuk dan transit ke Indonesia bagi para pendatang atau travellers yang dalam 14 hari terakhir melakukan perjalanan di sejumlah kota di Iran, Italia dan Korea Selatan.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan dalam hal itu Garuda Indonesia melayani penerbangan Korea Selatan. Dan dengan adanya kebijakan larangan masuk tersebut, saat ini Garuda Indonesia terus melakukan koordinasi intensif dengan Kementerian dan otoritas terkait agar kebijakan tersebut dapat ditindaklanjuti dengan baik.

Arus Mudik 2024, AP II Catat 1,3 Juta Penumpang Lintasi Bandara Soetta

"Hingga saat ini, kita tetap layani penerbangannya. Kita juga terus melakukan koordinasi, khususnya dalam hal tindakan preventif yang perlu dilakukan dari segi operasional penerbangan guna memitigasi risiko penyebaran Covid-19 dari dan ke negara atau kota-kota yang terdampak," katanya di Tangerang, Kamis, 5 Maret 2020.

Saat ini, Garuda Indonesia melayani sebanyak 14 frekuensi penerbangan dari dan menuju Seoul setiap minggunya yang terdiri dari rute penerbangan Jakarta-Seoul-Jakarta dan Denpasar-Seoul-Denpasar yang masing masing dilayani sebanyak 7 kali per minggu.

Heboh AC Pesawat Panas, Otoritas Bandara Gelar Ramp Check di Kualanamu

"Kita ada 14 frekuensi penerbangan ke Korea Selatan dan dalam hal ini pun, kami secara konsisten telah melakukan langkah-langkah preventif guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 melalui pelaksanaan disinfeksi pesawat," ujarnya.

Tidak hanya itu, penyediaan sarana hand sanitizer dan masker untuk kebutuhan awak pesawat dan kebutuhan mendesak penumpang juga dilakukan. Kemudian, penggantian HEPA filter pada armada yang digunakan untuk penerbangan ke dan dari destinasi yang terdampak penyebaran Covid-19, serta pemeriksaan rutin kepada awak kabin yang bertugas pada saat sebelum dan setelah bertugas.

Maskapai berplat merah ini pun akan terus memantau situasi terkini atas perkembangan epidemi Covid-19 dan berkoordinasi dengan kementerian dan otoritas terkait untuk mengambil tindakan yang sekiranya diperlukan guna pencegahan penyebaran  Virus Corona atau Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya