VIDEO: Eksperimen Profesor Unair Menguji Rempah Diklaim Tangkal Corona

Ahli biokimia dan biologi molekuler pada Universitas Airlangga Surabaya, Prof Chaerul Anwar Nidom.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Seorang ahli biokimia dan biologi molekuler pada Universitas Airlangga Surabaya, Prof Chaerul Anwar Nidom, mendadak kesohor karena mengklaim bahwa rempah-rempah—seperti jahe, kunyit, temulawak, kencur, lengkuas, dan lain-lain—dapat menangkal virus corona.

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

Nidom tidak mendaku ramuan rempah-rempah dapat menjadi obat bagi penyakit akibat terinfeksi virus corona, melainkan untuk membantu meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh dari penyakit. Kandungan senyawa curcumin di dalam rempah-rempat alias empon-empon itu, menurutnya, dapat mencegah orang terinfeksi berbagai macam virus.

Nidom, dan tim peneliti di laboratorium pribadinya di Pasuruan, Jawa Timur, mengaku memang belum fokus meneliti dan menguji ramuan empon-empon pada virus corona, yang telah menjangkiti dunia sekarang. Namun dia telah mengujinya pada pada sejumlah hewan percobaan yang diinfeksi dengan virus tertentu yang kadar patogenisitasnya mirip atau lebih tinggi dari corona.

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Tim peneliti di laboratorium Profesor Nidom Foundation (PNF) bereksperimen dengan menyuntikkan formula/ramuan rempah-rempah (kunyit, sereh, jahe) kepada seekor mencit, kemudian hewan itu diinfeksi dengan virus X. Tim peneliti akan memeriksa hewan itu setiap hari selama empat belas hari dan berharap si mencit tetap sehat walafiat meski telah diinfeksi virus berbahaya.

5 Manfaat Rahasia Jahe untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui
>
Ilustrasi air lemon.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Lemon kaya serat, antioksidan dan vitamin C. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dalam lemon juga dapat membantu tubuh membakar lemak secara alami. 

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024