Cegah Corona, Begini Potret Rapat Kabinet Online Jokowi

VIVA – Meluasnya penyebaran virus Corona atau Covid-19 membuat pemerintah melakukan berbagai langkah untuk membatasi penyebaran, dengan mengeluarkan imbauan agar bekerja dan belajar dari rumah, serta beribadah di rumah. 

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Dengan melakukan pembatasan aktifitas di rumah, Jokowi berharap langkah social distancing atau menjaga jarak antar satu dengan yang lain menjadi penting dalam upaya mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Presiden Jokowi memimpin rapat kabinet terbatas online dari Istana Bogor

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Foto: Presiden Jokowi memimpin rapat kabinet online dari Istana Bogor
 
Sejalan dengan itu, Presiden Joko Widodo menekankan kinerja para menteri kabinet tetap maksimal, meski salah satu menteri dinyatakan positif virus corona Covid-19. Pemerintah akan terus bekerja dengan menerapkan rapat dan koordinasi secara online.

Dalam dua hari ini, Presiden Jokowi sudah beberapa kali memimpin rapat kabinet terbatas. Sejak Senin kemarin, Jokowi yang berada di Istana Bogor memimpin video conference dengan 41 anggota kabinet membahas percepatan ekonomi dalam menghadapi masalah tekanan virus Corona.

Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Jokowi memimpin rapat kabinet terbatas secara online Senin 16/3

Foto: Rapat kabinet terbatas digelar secara online Senin, 16/3

Beberapa menteri yang online diantaranya Menko Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Seskab Pramono Anung, Menkes Terawan Agus Putranto, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menlu Retno Marsudi.

Kemudian, Menkumham Yasonna Laoly, Mentan Syahrul Yasin Limpo, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menhan Prabowo, Menkominfo Jhonny G Plate, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri KKP Edhy Prabowo, dan Menperin Agus Gumiwang.

Seskab Pramono Anung menggelar rapat online dengan Presiden Jokowi

Foto: Seskab Pramono Anung menggelar rapat online dengan Presiden Jokowi

Sementara hari ini Selasa, 17 Maret 2020, Seskab Pramono Anung menggelar rapat kabinet online terbatas dengan Presiden Jokowi membahas evaluasi pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga membagikan foto tengah mengikuti rapat kabinet online yang dipimpin oleh  Presiden Jokowi. Panglima melakukan video conference dengan Presiden dari kantornya di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.  

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menggelar rapat online dengan Presiden

Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menggelar rapat online dengan Presiden Jokowi, Selasa, 17/3

Selain rapat kabinet, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga membagikan foto-fotonya di Instagram @smindrawati tengah bekerja dari rumah atau work from home. Ani, sapaan akrabnya, terlihat menandatangani tumpukan berkas di meja kerjanya, serta melakukan video conference dengan sejumlah stafnya.

Rapat para pejabat dengan menggunakan video conference tersebut, sesuai arahan Presiden RI beberapa waktu lalu untuk mengurangi kontak fisik secara langsung dalam rangka meminimalisir penyebaran virus Corona.

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya