Hasil Lab Belum Keluar, Satu PDP Corona di Sleman Meninggal Dunia

Petugas medis saat mengambil spesimen dari pasien suspect virus Corona Covid-19. (Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

VIVA – Seorang pasien berjenis kelamin perempuan yang dirawat di RSUD Sleman meninggal dunia. Pasien berkategori pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona ini meninggal dunia pada Kamis, 26 Maret 2020.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Joko Hastaryo membenarkan perihal adanya PDP yang meninggal dunia di RSUD Sleman itu. Joko mengungkapkan tes dari pasien yang meninggal ini belum keluar.

Joko menyebut pasien PDP ini belum bisa dinyatakan positif atau negatif virus corona. Joko menjabarkan jika hasil lab yang dikeluarkan Litbangkes Kemenkes RI nantinya baru bisa diketahui apakah pasien tersebut negatif atau positif virus Corona.

Viral Wanita Ini Bawa Mayat Pamannya Buat Pinjam Uang ke Bank

"Saya tegaskan bahwa pasien tersebut masih berstatus PDP. Hasil laboratorium belum keluar sehingga belum bisa dikatakan positif Covid-19," ujar Joko, Kamis 26 Maret 2020 malam.

Joko mengungkapkan, karena pasien belum diketahui negatif atau positif virus Corona maka jenazah akan diberlakukan sama dengan jenazah pasien positif corona. Hal tersebut mengacu pada standar organisasi kesehatan dunia (WHO).

Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan

"Meski begitu, tata laksana PDP meninggal memang sama dengan pasien Covid-19 positif meninggal. Ya karena hasil uji labnya belum keluar sehingga kami terapkan protokol tertinggi," tutur Joko.

Sebagaimana diketahui, hingga Kamis 26 Maret 2020, Pemda DIY merilis ada 18 pasien positif virus corona di wilayahnya. Selain itu ada 130 orang PDP.

Calon anggota Paskibra Kabupaten Sukabumi dinyatakan meninggal dunia.

Kronologi Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal Dunia saat Jalani Seleksi Paskibra

Seorang siswi SMA Negeri 1 Cisaat meninggal dunia saat mengikuti seleksi pasukan pengibar bendera (paskibra) tingkat Kabupaten Sukabumi 2024 di Kecamatan Palabuhanratu,

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024