260 Ribu Lebih Tiket Kereta Api Dibatalkan

Stasiun Gambir disemprot disinfektan
Sumber :
  • Arrijal Rachman/VIVAnews

VIVA – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mencatat, sejak 23 Maret hingga 30 Maret 2020, sebanyak 264.719 tiket kereta api ke berbagai tujuan telah dibatalkan oleh penumpang.

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Begini Cara Dapatnya

Vice President Public Relations PT KAI, Yuskal Setiawan menjelaskan, peningkatan itu terjadi sejak KAI memberlakukan kebijakan pengembalian 100 persen untuk pembatalan tiket kereta api.

"KAI melihat terjadi peningkatan jumlah pembatalan sebesar 12 kali lipat dibandingkan hari biasanya, yang hanya berkisar di 36 ribu pembatalan tiket per hari," kata Yuskal dalam keterangan tertulisnya, Selasa 31 Maret 2020.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Yuskal menjelaskan, kebijakan pengembalian 100 persen tersebut berlaku sejak 23 Maret, untuk perjalanan 23 Maret hingga 29 Mei 2020. Tujuannya adalah untuk mendukung arahan pemerintah dalam mengurangi mobilitas masyarakat. Sejak dibuka 23 Maret 2020, rata-rata pembatalan tiket per harinya mencapai 36 ribu tiket.

Berdasarkan metode pembatalan, 44 persen pembatalan dilakukan melalui aplikasi KAI Access, dan sisanya secara manual di loket stasiun. Adapun stasiun yang paling banyak melakukan pembatalan adalah Stasiun Pasar Senen, dengan total pembatalan tiket sebanyak 18.137 tiket, disusul dengan Stasiun Gambir 12.874 tiket, dan Stasiun Bekasi sebanyak 8.979 tiket.

Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2024 Sudah Bisa Dibeli, Catat Tanggalnya

Kereta-kereta yang banyak dibatalkan oleh penumpang adalah KA Bengawan (Pasar Senen–Purwosari pp), Brantas(Pasar Senen–Blitar pp), Matarmaja (Pasar Senen–Malang pp), Dharmawangsa (Pasar Senen–Surabaya Pasar Turi pp), dan KA Progo (Pasar Senen–Lempuyangan pp).

"Kami mengimbau penumpang memilih membatalkan tiket melalui aplikasi KAI Access karena lebih mudah dan tidak perlu keluar rumah," ujar Yuskal.

Yuskal menambahkan, tiket yang dibatalkan oleh penumpang di KAI Access harus memiliki nama dan nomor identitas yang sama dengan data user di KAI Access. Tiket yang dibeli dari channel eksternal pun dapat dibatalkan via KAI Access. Dana pengembalian akan ditransfer ke rekening penumpang dalam waktu 30-45 hari kerja.

KAI juga sudah memperbarui KAI Access sehingga bisa melakukan pembatalan hingga tiga jam sebelum keberangkatan, di mana sebelumnya hanya bisa hingga 24 jam sebelum keberangkatan. Fitur tersebut tersedia pada KAI Access versi terbaru yaitu versi 4.3.0 di Android, sedangkan untuk versi iOS masih dalam tahap pengembangan.

"Semoga masyarakat dapat memanfaatkan kebijakan ini sebaik mungkin karena dapat memudahkan penumpang yang membatalkan perjalanannya. KAI juga berharap kebijakan ini mampu menekan penyebaran virus Corona di masyarakat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya