Sidoarjo Zona Merah Corona, Pendamping Desa Siagakan Ratusan Poskesdes

VIVA – Kabupaten Sidoarjo termasuk satu di antara 19 kabupaten/kota di Jawa Timur yang masuk dalam zona merah Covid-19. Data per Selasa, 31 Maret 2020, tercatat 10 pasien positif corona, 52 PDP, dan 78 ODP, di kabupaten berjuluk Kota Udang itu. Pemerintah dan seluruh elemen masyarakat setempat di sana bersatu-padu menekan angka itu, termasuk di antaranya Tim Pendamping Profesional Program Pemberdayaan dan Pembangunan Masyarakat Desa (TPP-P3MD).

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

“TPP P3MD Sidoarjo sedang melakukan upaya untuk pencegahan Covid-19 di level desa sesuai Tupoksi (tugas pokok dan fungsi) pendamping desa. Langkah ini sebagai tindak lanjut dari SE Mendes PDTT dan Surat Edaran Bupati Sidoarjo tentang Tanggap Covid-19,” kata Koordinator TPP-P3MD Kabupaten Sidoarjo Ulul Azmi pada Rabu, 1 April 2020.

Ia menjelaskan, dukungan itu diberikan di antaranya dengan mendorong dan memastikan anggaran tanggap bencana pada Bidang 5 pada Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDesa) pada 322 desa di wilayah Sidoarjo agar dapat segera direalisasikan. Selain itu, juga ada 195 unit Poskesdes dan 120 Polindes di Kabupaten Sidoarjo yang masih layak dan bisa dimanfaatkan untuk fasilitas pencegahan penyebaran Covid-19.

UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

Ulul mengatakan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo untuk memastikan para petugas kesehatan di puskesmas dan desa siaga dan terlibat aktif dalam pencegahan penyebaran Covid-19. “Tim kami sedang berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan tenaga kesehatan dan fasilitas polindes serta poskesdes dapat dioptimalkan untuk tanggap Covid-19,” ujarnya.

Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur Amir Aslichin mengapresiasi langkah TPP P3MD itu dan akan mendukung terus upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19. "Yang jelas kami akan mendukung sepenuhnya atas langkah-langkah yang dilakukan oleh sahabat-sahabat Pendamping Desa ini," ujarnya.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu menuturkan, pihaknya telah mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk segera membentuk skema bantuan langsung kepada pekerja sektor informal yang terkena dampak physical distanching karena Covid-19.

"Kami berharap, peran aktif pendamping desa di Kabupaten Sidoarjo dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 di desa dampingan masing-masing. Sehingga Covid-19 dapat segera teratasi dan keadaan secepatnya pulih," katanya.

Via Vallen.

Respons Keluarga Via Vallen Soal Penggerudukan dan Dugaan Penggelapan Motor

Keluarga menegaskan, Via Vallen tidak ada kaitannya dengan masalah gadai-menggadai motor yang melibatkan adiknya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024