Corona Mewabah, Relawan Jokowi Gelar Aksi Solidaritas Selama 14 Hari

Ratusan relawan Jokowi-Ma'ruf. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVAnews/ Sherly (Tangerang)

VIVAnews - Tokoh-tokoh dan organ relawan yang tergabung dalam Forum Relawan Jokowi (FRJ) ikut bergerak melakukan aksi solidaritas sebagai salah satu bentuk kepedulian di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Aksi solidaritas tersebut akan dilakukan selama 14 hari mulai 8-22 April.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Kegiatan yang dilakukan berupa pembagian makanan siap saji secara gratis, penyemprotan disinfektan di pemukiman serta tempat ibadah dan pembagian masker ditambah dengan hand sanitizer. Tokoh Relawan Jokowi, Andi Gani Nena Wea, mengatakan aksi solidaritas ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang terkena dampak dari wabah corona.

Andi Gani menjelaskan pemberian bantuan ini tetap menerapkan physical distancing yang dianjurkan pemerintah sehingga tidak terjadi kerumunan massa. Nantinya, belasan ribu porsi makanan yang sudah disiapkan akan diantar ke rumah warga yang sudah memiliki kupon.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

"Begitu juga penyemprotan disinfektan akan dilakukan di puluhan lokasi di Jabodetabek. Organ-organ relawan Jokowi yang tergabung dalam FRJ ingin membantu meringankan sedikit beban pemerintah dan masyarakat," katanya kepada wartawan, Selasa, 8 April 2020.

Andi Gani menegaskan aksi kepedulian yang dilakukan relawan Jokowi sama sekali tidak ada bantuan dari pemerintah. Kegiatan ini murni gotong-royong dari seluruh organ relawan Jokowi yang tergabung di FRJ.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Dia berharap aksi yang dilakukan FRJ akan diikuti organisasi lainnya dan juga partai-partai politik. Menurutnya, wabah Covid-19 ini harus dihadapi bersama karena pemerintah tidak mungkin bekerja sendirian.

Aksi kepedulian terhadap masyarakat ini sekaligus menjadi bukti bahwa hubungannya dengan Presiden Jokowi masih baik-baik saja. Walaupun ia terlihat sangat lantang menolak keras RUU Omnibus Law.

Andi Gani dikenal memang merupakan sosok yang sangat dekat dengan Presiden Jokowi. Karena, sudah lama menggalang dukungan untuk Jokowi sejak Pilgub DKI 2012.

Dalam berbagai kesempatan pun, tawaran masuk ke dalam kabinet ditolaknya. Dia lebih memilih berkonsentrasi sebagai presiden buruh dan Presiden Komisaris BUMN PT PP.

"Hubungan saya dengan Presiden Jokowi sejauh ini tetap baik-baik saja walau Omnibus Law sangat saya tolak. Presiden Jokowi sangat tahu saya melaksanakan tugas saya sebagai presiden buruh," katanya.

Hingga Rabu, 8 April 2020 pukul 12.00 WIB, kasus positif virus corona atau covid-19 mengalami penambahan. Ada penambahan 218 kasus baru, sehingga total kasus pasien positif corona sebanyak 2.956 orang.

Untuk pasien yang dinyatakan sembuh ada penambahan 18 orang, sehingga total 222 orang telah sembuh hingga hari ini. Kemudian, untuk meninggal dunia bertambah 19 orang sehingga total 240 orang meninggal dunia akibat virus tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya