13 Orang Positif Corona di Labuan Bajo NTT dari Klaster Gowa

13 Orang Positif Corona di Labuan Bajo NTT dari Klaster Gowa

Rabu, 15 April 2020 | 22:38 WIB
Mereka pulang dari acara Ijtima Ulama di Gowa Maret lalu, semuanya OTG

VIVA – Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur, melakukan rapid test terhadap 22 orang warga Manggarai Barat yang mengikuti Ijtima Ulama di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, akhir Maret lalu. 

Sebanyak 13 orang diantaranya menunjukkan reaktif terhadap antibodi Covid-19.

"Dari 22 orang itu ada 13 yang terindikasi positif tetapi ini nanti masih diuji lagi dengan swab," kata Juru bicara Tim Satuan Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Ismail Surdi, dalam jumpa pers, Rabu 15 April 2020.
 
Menurut Ismail, sepulangnya dari Gowa pada 24 Maret 2020 lalu, para jemaah tersebut sempat dilakukan screening di Pelabuhan Komodo Labuan Bajo, namun saat itu tidak mengalami gangguan kesehatan.
 
"Waktu itu ada kegiatan keagamaan se-Asia, pulangnya mereka dengan kapal PELNI dari Makassar. Sudah itu, mereka punya status ini mereka kan, sudah periksa waktu datang, tapi tidak ada gejala. Kemudian kita tindaklanjuti berita kasus positif dari kegiatan tersebut makanya kita lakukan rapid test," ungkap Ismail.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Mabar,  Paskalina Kusumawati dalam jumpa pers menjelaskan awalnya Satgas Covid-19 melakukan rapid test kepada 22 orang yang baru pulang dari Gowa.

Ia menerangkan pada tanggal 9 April 2020 pihaknya melakukan rapid test terhadap 7 orang ODP. Hasilnya 1 orang positif. Selanjutnya, tim Covid-19 Mabar melakukan tracing kontak terhadap 1 pasien positif tersebut.

Berita Terkait :
Saksikan Juga