Merah Berkerumun, Penampakan Kasus Corona Surabaya di Peta Radar

VIVA – Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Gresik berakhir pada Senin ini, 11 Mei 2020. Kecuali Gresik, angka kasus Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 terutama di Surabaya ternyata masih tinggi. Bahkan, jika dicermati melalui peta Rradarcovid19.jatimprov.go.id, terlihat betul kerumunan titik-titik merah di hampir semua wilayah Kota Pahlawan.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Kasus tinggi terutama berada di kawasan Surabaya Utara dan Surabaya Timur. Kawasan utara memang awal mula kasus corona ditemukan di Surabaya. Sementara di Timur memerah terutama sejak adanya kasus di lingkungan pabrik PT HM Sampoerna Tbk. Jika Anda berada di dua kawasan itu, coba saja buka laman radarcovid19.jatimprov.go.id, maka seperti dikerubungi kasus corona.

Dalam peta persebaran corona, angka kasus positif corona di Surabaya memang tertinggi se-Jatim. Data per Minggu, 10 Mei, dari total 1.491 kasus, separuh di antaranya, yaitu 708 kasus, ada di Surabaya. Di bawahnya ada Kabupaten Sidoarjo 186 kasus, lalu Lamongan 55 kasus, Magetan 53 kasus, dan lima tertinggi Kabupaten Malang 46 kasus.

Polisi Selidiki Kasus Anggota TNI Dikeroyok Kelompok Musik di Pamekasan

Penambahan kasus corona di Surabaya juga menempati angka tertinggi setiap hari. Bahkan, dalam dua hari terakhir angkanya signifikan. Pada Sabtu, 9 Mei 2020, misalnya, Surabaya menyumbang 75 kasus positif dari total 128 kasus baru di hari itu. Hari berikutnya, Minggu kemarin, di Surabaya tercatat 41 kasus dari total 83 kasus se Jatim di hari itu.

Terdapat perbedaan antara Gugus Tugas (Gugas) Covid-19 Jatim dengan Gugas Covid-19 Surabaya terkait klaster penularan corona di Kota Pahlawan. Gugas Jatim mencatat terdapat 14 klaster penularan corona di Surabaya. Yaitu Klaster Surabaya I-PGS (5 kasus), Klaster Surabaya II (2), Klaster Surabaya III (2), Klaster Surabaya IV-Pakuwon Mall (4), dan Klaster Surabaya V-TP (9). 

Arema FC: 3 Poin Harga Mati saat Lawan Persebaya Surabaya

Kemudian Klaster Surabaya VI-RRI (2), Klaster Surabaya VII-Jalan Gresik PPI (30), Klaster Surabaya VIII-RS Mitra Keluarga Satelit Surabaya (6), Klaster Surabaya IX-PT SORINI (2), Klaster Surabaya X-Jalan Gembong 5/7 (4), Klaster Surabaya XI-Tidak Ada Riwayat Perjalanan ke Manapun (37), Klaster Surabaya XII-PT HM Sampoerna (41), Klaster Surabaya XIII-Pasar Keputran (2) dan Klaster Surabaya XIV-Riwayat Perjalanan dari Surabaya (8 kasus). 

Sementara Gugas Surabaya mencatat 16 klaster. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyebutkan beberapa di antaranya, yaitu dari klaster luar negeri, area publik, klaster Jakarta, klaster tempat kerja, klaster seminar, klaster perkantoran, dan klaster asrama. Beda dengan Gugas Jatim, ia menilai penularan di lingkungan pabrik PT HM Sampoerna Tbk bukan klaster.

"Seperti yang terjadi di PT HM Sampoerna, itu bukanlah klaster baru," kata Risma di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 10 Mei 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya