Jumlah Zakat Fitrah di Masjid Istiqlal Tahun ini Lebih Sedikit

Zakat Fitrah di Masjid Istiqlal/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Di tengah pandemi Covid-19, Masjid Istiqlal masih tetap membuka kesempatan bagi para Muzaki (orang wajib berzakat), guna menunaikan kewajiban setiap tahunnya membayar zakat fitrah.

Terpopuler: Kisah Pilu Kakak Adik Korban Tol Cikampek, Pria Terobos Istana

"Kami sudah membuka (penerimaan zakat) sejak satu ramadhan," kata Kabag Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dihubungi, Kamis 21 Mei 2020.

Meskipun begitu, Abu menuturkan jumlah zakat fitrah yang terkumpul pada Ramadan tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu.

Menteri Bahlil: Politik Sudah Selesai, Harus Saling Memaafkan

"Sangat sedikit dibanding tahun sebelumnya sampai sekarang belum ada Rp100 juta. Total tahun lalu bisa mencapai Rp800 jutaan dan rata-rata uang," tambahnya.

Adapun pembaguan zakat, panitia akan menyalurkan kepada Mustahik (orang yang berhak menerima zakat) di sekitar Masjid Istiqlal.

Cerita Warga Hadiri Open House Jokowi: Motoran ke Istana dari Jam 1 Pagi, dan Boyong Sekeluarga

"Penyaluran zakat fitrah nanti malam lebaran kami yang mengantarkan langsung ke rumah mustahik yang datanya sudah kami perbaharui prioritas yang tempat tinggalnya paling berdekatan dengan istiqlal, seperti distribusi hewan kurban," ujarnya.

Ilustrasi belanja online.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Riset ini menyebut produk fashion dan kecantikan, (masing-masing sebanyak 46%) dibeli secara online, sementara kebutuhan sehari-hari seperti makanan (34%) secara offline.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024