30 Hari Operasi Ketupat, 74 Ribu Kendaraan Hendak Mudik Diputar Balik

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono meninjau pelaksanaan larangan mudik
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Istiono menyebutkan, sudah 74.000 kendaraan diputar balik selama 30 hari Operasi Ketupat 2020.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

"Sampai hari ke-30, kendaraan yang diputarbalikan dalam Operasi Ketupat 2020 baik Jakarta ke Jawa Timur, Sumatera lebih kurang 74.000 sudah kita putarbalikan," kata Istiono saat dikonfirmasi wartawan, Minggu, 24 Mei 2020.

Dari data tersebut, sebanyak 605 kendaraan yang diputar balik adalah kendaraan travel gelap. Mereka coba menyelundupkan warga untuk pergi mudik padahal mudik dilarang tahun ini, untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Petugas ETLE Mulai Tahun Ini Dapat Insentif

Baca juga: 95 Travel Gelap Bawa Pemudik Diamankan, Patok Tarif Fantastis

Sopir dari travel gelap itu ditindak polisi dengan cara diberikan surat tilang. Selain itu, kendaraan mereka juga ditahan karena aksi nekat mencoba mengelabui polisi di pos penyekatan tersebut.

Irjen Aan Beri 'Senjata' Baru untuk Anak Buah Urai Kemecetan Mudik Lebaran

"Kemudian kendaraan travel gelap dan kendaraan yang disewakan sudah kita tahan ada 605 (kendaraan) yang kita kandangkan," ujarnya.

Sebelumnya, Polri memperpanjang masa pelaksanaan Operasi Ketupat 2020 di tengah pandemi Covid-19 atau virus Corona. Operasi kemanusiaan ini direncanakan hanya selama 16 hari. Tetapi kini diperpanjang masanya menjadi 37 hari.

"Ya, diperpanjang sampai 37 hari, berlaku untuk Polda Metro, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Selasa, 19 Mei 2020.

Dalam operasi ketupat ini, Argo mengungkapkan, polisi telah mengerahkan personel sebanyak 172.038 orang. Polri juga menyiapkan 56 pos penyekatan yang meliputi Polda Metro 18, Jabar 17, Banten enam, Jateng lima, DIY dua, Jatim delapan, dengan sasaran prioritas larangan mudik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya