Awal Juni, Hotel di Kota Medan Akan Beroperasi Kembali

Ilustrasi Hotel
Sumber :
  • Instagram The Quincy Hotel

VIVA – Pengusaha hotel di Kota Medan dan sejumlah daerah di Sumatera Utara sepakat akan membuka kembali operasional hotel pada awal Juni 2020. Namun, tetap mengikuti protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut, Denny S Wardhana, kepada wartawan di Medan, Kamis siang, 28 Mei 2020. Ia menjelaskan, pembukaan operasional hotel untuk menekan kerugian dialami pelaku usaha.

"Kita berharap teman-teman di hotel di Sumatera Utara sepakat akan membuka kembali awal Juni 2020 ini. Dengan protokol kesehatan yang akan dikerjakan," tutur Denny.

Harap Tak Aji Mumpung, PHRI Batasi Kenaikan Harga Hotel di Yogyakarta

Baca juga: New Normal Pariwisata, Protokol Hotel hingga Restoran Disiapkan?

Denny menjelaskan, untuk hunian hotel di Kota Medan sudah terjun bebas di bawah 5 persen. Bila ada tamu menginap, itu adalah warga Kota Medan yang sudah bosan berada di rumah saja.

"Ada beberapa hotel meningkat, tapi bukan dari tamu luar kota. Kebanyakan tamu dari Medan sendiri, karena sudah bosan di rumah. Peningkatan tidak terlalu besar," tutur Denny.

Denny berharap ke depannya ada kelonggaran diputuskan oleh Pemerintah Indonesia, khususnya diperbolehkan melaksanakan pertemuan di hotel dengan tidak melakukan mobilisasi massa dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Kita berharap dengan ada kelonggaran perjalanan dinas. Kita harapkan meeting di hotel. Tidak terlalu ramai, itu menunggu keputusan dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat," sebut Denny.

Dengan dibukanya operasional hotel itu, Denny mengatakan, tidak seluruhnya karyawan akan kembali bekerja. Namun, PHRI mengharapkan bantuan pemerintah dalam mengurangi beban dihadapi pelaku usaha hotel dari dampak Corona ini.

"Kita sangat berat, kita harapkan bantuan dari pemerintah. Beban-beban kita hadapi seperti biaya listrik. Kita harapkan relaksasi dari pemerintah. Pemerintah bisa membantu kepada karyawan untuk prakerja. Tidak mungkin 100 persen kita buka. Kita harus bangkit sepenuhnya, saya harapkan optimal seluruh karyawan bekerja," kata Denny.

Shandy Aulia berkunjung ke Masjid Agung Sheikh Zayed

Liburan di Dubai, Shandy Aulia Terdampak Badai Ekstrem

sejumlah artis Tanah Air diketahui tengah berlibur di Dubai. Selain keluarga Anang Hermansyah dan Ashanty, ada juga Shandy Aulia yang sedang menikmati waktu luang di sana

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024