Rentan Corona, Kemensos Minta Masyarakat Lindungi dan Bantu Lansia

VIVA – Tepat pada 29 Mei 2020, Indonesia memperingati Hari Lanjut Usia Nasional atau HLUN ke-24. Peringatan HLUN kali ini tentunya sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena berada di tengah situasi pandemi virus corona atau covid-19.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998, lanjut usia atau lansia adalah seseorang yang telah berusia 60 tahun ke atas. Sebagaimana tercantum dalam pasal 5 UU itu, lansia diberikan hak untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. 

Namun, di tengah pandemi yang terjadi di Indonesia dan seluruh dunia saat ini perlu ada upaya untuk meningkatkan kesejahteraan itu dan memberikan perhatian khusus dari negara agar lansia yang menjadi kelompok paling rentan dapat terlindungi.

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat mengatakan di tengah situasi pandemi saat ini pihaknya telah melakukan sejumlah upaya pada para lansia, salah satunya memberikan bantuan sosial.

Menurut dia, bantuan sosial yang diberikan itu berupa makanan siap saji, paket sembako, paket sembako presiden, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Refocusing Internal, dan Bantuan Reguler (PROGRES-LU).

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Selain itu, Kemensos juga terus melakukan kampanye sosial untuk para lansia dengan mengikuti prosedur physical distancing dengan tetap di rumah, komunikasi virtual dan pemanfaatan sosial media tanpa mengurangi esensi, namun dilakukan secara masif.

“Kampanye sosial meliputi rehabilitasi sosial dan perlindungan, pemberdayaan, penguatan untuk harmoni, penguatan kelembagaan lanjut usia, sinergitas antar program kelanjutusiaan, dan tentu saja promosi hak lanjut usia dengan mengedepankan prinsip living no one behind,” Ujar Harry kepada media, Jumat 29 Mei 2020.

Sementara, Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengatakan bahwa lansia merupakan kelompok rentan terkena covid-19, hal ini disebabkan karena lansia mengalami penurunan akibat proses penuaan dan sistem imun yang tidak dapat bekerja secara maksimal layaknya masih muda.

"Atas dasar itu, dalam mengisi peringatan Hari Lanjut Usia Nasional yang ke-24, saya mengajak kepada kita semua terutama dari keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar untuk saling membantu, memberikan dukungan dan perhatian kepada sesama khususnya kepada para lanjut usia, dengan menciptakan lingkungan yang ramah sehingga mereka nyaman menjalani kehidupannya," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya