Kapolda Kantongi Nama Dalang yang Tunggangi Serangan KKB di Papua

Kapolda Kantongi Nama Dalang yang Tunggangi Serangan KKB di Papua

Sabtu, 30 Mei 2020 | 15:33 WIB
KKB di Papua menyatakan bersatu melawan NKRI.

VIVA – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menegaskan, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua telah menyatakan diri bersatu untuk melakukan upaya perlawanan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Belakangan ini KKB di Papua memang sering menyerang aparat keamanan dan masyarakat. Oleh karena itu, aparat keamanan di Papua terus melakukan evaluasi terhadap berbagai aktivitas operasi penegakan hukum di wilayah Papua.

“Jadi tidak gampang melakukan penindakan hukum bagi KKB ini, karena kelompok ini sudah bersatu melawan Negara dengan ingin merdeka,” tegas Kapolda Paulus Waterpauw, Sabtu, 30 Mei 2020.

Baca juga: Satu Anggota KKB Papua Kembali ke Pangkuan NKRI

Paulus mengaku, Negara telah memberikan kepercayaan pada aparat keamanan di Papua untuk terus berupaya menjaga keamanan di Provinsi Papua, namun hal ini sulit dilakukan karena daerah Papua luas, tantangan alam, kondisi georgrafis dan penguasaan medan mereka jauh lebih bisa menguasai dari pada aparat keamanan.

Namun demikian, jelas Paulus, beberapa aktivitas KKB ini terus dimonitor aparat TNI dan Polri.

“Polisi juga telah mendeteksi adanya pihak-pihak yang menunggangi KKB tersebut,” jelas Pulus yang ditunjuk sebagai Kepala Pengendali Operasi dan Penindakan KKB di Papua.

Baca juga: Wagub Papua Minta Sri Mulyani Cairkan Dana Otsus

Berita Terkait :
Saksikan Juga