Kakorlantas: Penurunan Arus Balik 2020 Capai 70 Persen

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Polisi Istiono meninjau arus balik di kawasan Banten menuju Jakarta pada Senin, 1 Juni 2020. Dalam kegiatan ini, Istiono juga menyempatkan mengecek lokasi wisata Pantai Anyer yang ada di Serang, Banten.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Dalam peninjauan yang bertepatan dengan H+7 lebaran kali ini, Istiono menyebut bahwa arus balik mengalami penurunan dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Istiono menerangkan, pada H+7 ini ada penurunan hingga 83 persen untuk jumlah kendaraan dari Jawa Timur menuju Jakarta.

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

“Kemudian, dari Sumatera menuju Jakarta, penurunan lebih kurang 55 persen, dan totalnya sekitar 70 persen mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu," kata Istiono dalam keterangan tertulisnya, Senin, 1 Juni 2020.

Jenderal bintang dua ini menambahkan, selain memantau arus balik, pihaknya juga memutar balik kendaraan yang coba menuju ke daerah Jakarta atau berpindah ke kota lain selama ada penerapan PSBB.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

"Secara keseluruhan pada arus balik H+7 ini sekitar 45 ribu kendaraan yang sudah diputar balik yang dari Jawa timur menuju Jakarta maupun dari arah Lampung dan Banten,” ucap Istiono yang didampingi Kapolda Banten Irjen Fiandar.

Lebih lanjut, mantan Kapolda Bangka Belitung ini menerangkan, selama pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2020, sama sekali tidak terjadi gangguan yang berarti. Pasalnya, kata dia, masyarakat sudah lebih bijak mengikuti imbauan imbauan Pemerintah agar tidak mudik saat pandemi Covid-19.

"Itu artinya apa yang kami langkahkan di lapangan ketika arus mudik kemarin dan arus balik sekarang ini dalam kondisi cukup terkendali dan landai. Arus lalu lintas cukup didominasi kendaraan logistik karena kendaraan yang memang punya izin," ujar Istiono.

Diketahui, dalam pemantauan ini ada tiga lokasi yang ditinjau Istiono dan jajarannya. Ketiga lokasi itu adalah gerbang Tol Cikupa, pos check point Ciwandan, dan di Pos Pengamanan Mercusuar Anyer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya