Jusuf Kalla Akan Salat Jumat di Masjid Al Azhar

Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla
Sumber :
  • DMI

VIVA – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, Jumat, 5 Juni 2020. Salat Jumat ini merupakan yang perdana setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka kembali kegiatan-kegiatan rutin di masjid, di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi ini.

MK Putuskan Sengketa Pilpres 2024 Besok, Jusuf Kalla: Apapun Hasilnya Kita Terima

Kepala Urusan Rumah Tangga Masjid Agung Al-Azhar Yahya mengatakan, JK, sapaan Jusuf Kalla, akan hadir bersama Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie.

"Beliau (JK) akan hadir mengikuti salat Jumat di Masjid agung Al-Azhar bersama Pak Jimly Asshiddiqie," kata Yahya saat dikonfirmasi Jumat, 05 Juni 2020.

Ketua DPRD Jambi, Edi Purwanto Jadi Wakil Keluarga Nikahan Putri Gubernur Jambi

Selain itu jika jemaah membeludak, pihak masjid tidak hanya menyiapkan ruangan aula untuk salat. Halaman parkir juga disiapkan sebagai salah satu tempat melaksanakan salat Jumat. "Nanti untuk halaman parkir kita kosongkan, tidak ada kendaraan yang parkir di halaman masjid," ujarnya.

Persiapan yang dilakukan menjelang salat jumat perdana setelah kegiatan masjid boleh dibuka itu sudah disiapkan, penyemprotan cairan disinfektan di seluruh bagian masjid, menempelkan lakban hitam sebagai penanda batas jarak antar jemaah. 

Heboh! Beredar Foto Pendeta Gilbert Peluk Bendera Israel

Yahya memastikan, salat Jumat pada hari ini hanya akan digelar dalam satu gelombang. "Kalau memang nanti menunjukkan jemaah sangat banyak, maka minggu depan akan kita coba dua gelombang," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memutuskan untuk memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Pada Juni ini memasuki masa transisi.

Selama PSBB masa transisi ini, kegiatan sosial dan ekonomi mulai dibuka kembali namun dengan kapasitas 50 persen. Di antaranya kegiatan rutin di masjid kembali dibuka, dengan kapasitas setengah dari kapasitas masjid dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya