Pemuda 21 Tahun Terafiliasi ISIS Dicokok Densus 88

Ilustrasi Densus 88 geledah rumah terduga teroris (foto ilustrasi)
Sumber :
  • Cahyo Edi/VIVAnews.

VIVAnews - Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri kembali mencokok terduga teroris di Kalimantan Barat. Dia ditangkap polisi karena diduga relawan ISIS.

Dorong TNI Tindak Tegas OPM, Bamsoet: Negara Tidak akan Kalah dengan Kelompok Separatis

"Densus 88 Anti Teror Polri dan Brimob Polda Kalimantan Barat berhasil mengamankan seorang pemuda terduga teroris berinisial AR (21)," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono, di Mabes Polri, Selasa 9 Juni 2020.

Penangkapan dilakukan pada Jumat, 5 Juni 2020. AR ditangkap di tempat kerjanya yang merupakan depot air galon isi ulang di wilayah Kabupaten Mempawah, Kalbar.

Dukung TNI Pakai Istilah OPM, Bamsoet: Urusan HAM Bicarakan Kemudian, Saya Siap Pasang Badan

"AR selama ini disinyalir terafiliasi dalam jaringan ISIS dan mengenal organisasi tersebut dari media sosial yaitu Facebook," katanya.

Awi menambahkan AR belum terlihat melakukan aktivitas yang tergolong dalam aksi terorisme, tapi dia sudah terang-terangan mengaku sebagai relawan ISIS. Dari AR, polisi menyita berbagai macam barang bukti.

Bobon Santoso Bakal Sumbang Semua Gaji YouTube Buat BEM UI Jika Terima Tantangan TNI

Beberapa barang bukti tersebut adalah telepon genggam, mobil, pisau sangkur, amunisi senjata laras panjang, satu bungkus black powder, satu bungkus belerang, satu boks peralatan listrik yang terdiri dari solder, batrai, kabel, topi lambang ISIS, jaket loreng, lembaran berisi jihad, Kartu Tanda Penduduk, pasport dan buku tabungan.

"Awalnya aktivitasnya yang bersangkutan belum tampak, namun akhirnya AR berani tampil sebagai relawan ISIS yang diunggahnya di akun Facebook miliknya," kata Awi lagi.

Juru Bicara Densus 88 Anti-teror Polri, Kombes Pol Aswin Siregar.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

Para terduga teroris itu ditangkap di lokasi berbeda.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024