JK Minta Perilaku Warga di Transisi New Normal Tidak Berubah

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla meminta tidak ada perubahan perilaku masyarakat di masa transisi new normal dengan saat PSBB lalu. Seperti tetap memakai masker, mencuci tangan, melakukan physical distancing dan sebagainya.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

"Kalau yang saya pahami yang dimaksud dengan new normal, ialah keadaannya berubah, tapi kita enggak berubah cara kita menghadapinya," kata JK dalam acara Indonesia Lawyers Club, Selasa 9 Juni 2020.

JK mengingatkan saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saja masih banyak yang warga yang keluar rumah, apalagi saat new normal. Karena itu dibutuhkan kedisiplinan untuk mengurangi penyebaran Covid 19.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

"Mau PSBB, mau pelonggaran, tetap membutuh disiplin masyarakat. Belajar dari negara lain," ujar JK.

Mantan Wakil Presiden ini menjelaskan penyebaran Covid saat ini masih terus meningkat angkanya. Karena itu peningkatan angka yang positif juga masih menakutkan.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

JK mengakui masyarakat juga banyak yang sudah terbiasa dengan perilaku baru seperti memakai masker dan cuci tangan. Sedangkan yang masih sulit adalah menjaga jarak.

"Yang tetap berat cuma satu, jaga jarak, yang lainnya sudah menjadi kebiasaan," kata JK.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan metode penanggulangan dengue menggunakan nyamuk ber-Wolbachia mulai bergulir di lima kota besar di Pulau Jawa.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024