Tim SAR Evakuasi 29 Penumpang Kapal yang Kandas di Kepulauan Selayar

Ilustrasi kapal kandas.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

VIVAnews - Tim Basarnas Pos SAR Selayar berhasil mengevakuasi puluhan penumpang kapal kandas di Perairan Pulau Polassi, Kabupaten Kepulauan Selayar, Minggu, 14 Juni 2020.

Identitas 8 Turis Asing yang Terombang-ambing di Laut Mentawai

Sebelumnya, Basarnas mendapat laporan telah terjadi kecelakaan kapal motor (KM) Rezki Perdana dengan rute Pasilembanna menuju ke Pelabuhan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, mengalami kerusakan kemudi di sekitar Perairan Pulau Palassi, Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Pada pukul 21.25 WITA Basarnas menerima laporan dari Patta Bau, Camat Pasilambanna bahwa Sabtu, 13 Juni pada pukul 19.30 WITA terjadi kecelakaan kapal motor Rezki Perdana dengan POB (Person On Board) 29 orang, kapal motor tersebut mengalami kerusakan kemudi di sekitar Perairan Pulau Palassi, Kabupaten Kepulauan Selayar,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan, Mustari, kepada tim VIVAnews.

TNI AL Turun Tangan, KM Sirimau Lepas dari Kandas di Perairan Adonara

Berdasarkan laporan tersebut, kata Mustari, pada pukul 21.45 WITA Tim Rescue Pos SAR Selayar segera menuju ke lokasi dengan menggunakan rescue car dan membawa rubber boat serta peralatan pendukung keselamatan lainnya.

“Evakuasi baru kami lakukan pada pagi hari, karena faktor cuaca. Tadi juga kapal jolloro yang digunakan untuk menjemput para penumpang sempat kandas, sekitar 1 mil dari dermaga Desa Appa Tanna karena air laut surut sehingga tidak bisa langsung sandar, jadi rescuer menjemput dengan rubber boat,” ujar Mustari.

Kapal Tanker Kandas di Pantai Sancang Garut, Diduga Salah Jalur

Mustari mengatakan seluruh penumpang KM Rezki Perdana telah berhasil di evakuasi dalam keadaan selamat dan selanjutnya diserahkan ke aparat berwenang serta pihak keluarga.

Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Ngeri, 5 Korban Tewas Setelah Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Sedikitnya lima orang tewas dan seorang awak kapal terluka pada hari Kamis, 24 Februari 2024 ketika sebuah kapal kargo menabrak sebuah jembatan di wilayah Cina selatan.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024