Diblokade Warga, Jalan 3 Kabupaten di Maluku Sempat Lumpuh

Pantai di Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku
Sumber :
  • VIVA.co.id/LIPI dok

VIVA – Ratusan warga menggelar demo dan memblokade jalan yang menghubungkan tiga Kabupaten di Pulau Seram, Maluku, Minggu 14 Juni 2020. Selain melumpuhkan jalan, warga juga merusak pos penanganan Covid-19.

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

Ratusan warga Desa Kairatu, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, kembali memblokade ruas jalan utama yang menghubungkan tiga kabupaten, yakni Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tengah, serta Kabupaten Seram Bagian Timur. Akibat aksi blokade jalan ini, para pengendara kesulitan untuk melewati ruas jalan ini.

Menurut warga, aksi ini dilakukan lantaran Bupati Seram Bagian Barat, Yasin Payapo, tak mempunyai niat menyelesaikan masalah bantuan sosial Covid-19. Mereka menyayangkan sikap bupati yang tidak menghargai surat undangan dari warga untuk menyelesaikan masalah itu. Warga berharap Bupati bisa mengunjungi desa mereka seperti saat mengunjungi desa-desa lainnya.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Bakal Demo di Gedung MK, Begini Pesan Cawapres Terpilih

Blokade jalan ini akhirnya dibuka warga setelah Sekda setempat dibantu aparat keamanan menemui massa dan menerima tuntutan warga.

Meski begitu, warga yang tak puas masih melakukan pembongkaran Posko Penanganan Covid-19 di Kecamatan Kairatu. Mereka emosi ketika mengetahui  salah satu mobil dinas ditumpangi Bupati Yasin Payapo. Mobil dinas yang ditumpangi Bupati berhasil lolos dari massa yang melakukan protes. 

PA 212 Mau Demo di Depan MK, Lebih dari 3 Ribu Aparat Gabungan Dikerahkan

Warga pun berjanji akan melakukan aksi yang lebih besar jika tuntutan mereka tidak ditanggapi bupati. Kericuhan ini pun mereda setelah aparat TNI-Polri bisa menenangkan massa.

Laporan:  Usman Mahu, tvOne 
 

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, dalam sebuah forum diskusi di Jakarta.

PAN Lebih Utamakan Kadernya Maju di Pilkada 2024

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN, Viva Yoga Mauladi, mengatakan partainya memprioritaskan kadernya sendiri untuk dicalonkan pada Pilkda Serentak 2024 ini.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024