Media Grup Bakrie Tetap Eksis di Masa Pandemi Covid-19

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir (kanan) berfoto bersama Pemimpin Redaksi, Maryadi (kiri) saat berkunjung ke redaksi VIVA di Jakarta, 24 Januari 2019.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Pandemi Covid-19 membuat perubahan signifikan dalam dunia komunikasi, khususnya mengenai industri media. Hal itu pun diakui Chief Editor VIVA.co.id, Maryadi.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Dia mencontohkan seperti jadi lebih banyaknya press release yang beredar. Selain memudahkan, namun hal itu juga jadi tantangan tersendiri untuk mengonfirmasi kembali mana informasi yang benar atau salah.

"Ini menjadi koreksi sebuah media, bahwa Covid-19 menjadi tantangan besar dalam mengakses komunikasi," kata Maryadi dalam diskusi 'Komunikasi Krisis di Masa New Normal' yang diselenggarakan Forum PR Bakrie Group, Selasa, 16 Juni 2020.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Kemudian, pandemi juga membuat industri media harus beradaptasi dengan cara kerja baru seperti Work From Home (WFH). Meskipun, menurut Maryadi, VIVA.co.id tidak kaget dengan cara kerja WFH lantaran sudah sering menerapkannya sebelum pandemi, seperti dengan sistem piket malam atau pagi.

"Kita bisa memaksimalkan kerja dari mana saja," ujar Maryadi.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Dia menambahkan, seyogianya masa pandemi ini semua harus bisa memaksimalkan potensi digital, termasuk di Bakrie Group. Membuat konten-konten di media sosial dan hal lain, misalnya.

"Dalam kegiatan kita juga, bagaimana lebih mengoptimalkan lagi digital kita," kata Maryadi.

Di sisi lain, media televisi juga beradaptasi dengan masa pandemi kali ini. Televisi grup Bakrie yaitu tvOne mencontohkan telah membuat berbagai penyesuaian seperti membuat jarak dengan narasumber.

"Seperti narsumnya berjarak. Bahkan, kita menggunakan platform yang ada, tidak harus ke studio," kata Manager Corporate Communication tvOne, Raldy Doy.

Sementara itu, untuk karyawan, pihaknya menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Apalagi, televisi berita seperti tvOne tetap harus mengudara 24 jam meskipun di masa pandemi saat ini.

Kemudian stasiun televisi grup Bakrie yang lain seperti ANTV juga menyesuaikan untuk lebih kreatif lagi. Apalagi, sebagai televisi hiburan atau entertainment, keberadaan ANTV selama pandemi juga dibutuhkan untuk menghibur masyarakat.

"Selain nonton berita, kan diharap juga bisa entertainment," ucap Manager Corporate Communication ANTV, Riyandri Tjahjadi, di acara yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya