Muhammadiyah Anjurkan Salat Idul Adha Digelar di Rumah

Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar.
Sumber :
  • Dok. Muhammadiyah

VIVA – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menganjurkan agar penyelenggaraan salat Idul Adha yang jatuh pada 31 Juli 2020 mendatang digelar di rumah. Anjuran mengadakan salat Idul Adha di rumah ini tak lepas dari kondisi pandemi covid-19 di Indonesia.

Menteri Muhadjir: Idul Fitri Tahun Ini Hampir Bisa Dipastikan Jatuh pada 10 April

“Salat Idul Adha sangat dianjurkan dilakukan di rumah masing-masing dengan alasan keadaan persebaran covid-19 belum menunjukkan grafik yang menurun secara signifikan walapun kita sudah menamakan dalam keadaan new normal,” ujar Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar, Rabu 24 Juni 2020.

Syamsul menuturkan jika anjuran salat Idul Adha dilaksanakan di rumah merupakan bagian dari mengurangi kerumunan di masa pandemi covid-19. Menurut Syamsul kondisi new normal yang diusung oleh pemerintah lebih banyak berkaitan dengan sektor ekonomi sebagai upaya pemulihan kondisi ekonomi masyarakat.

Muhammadiyah Dorong MK Bekerja Lebih Profesional Adili Sengketa Pemilu

Sementara untuk kegiatan yang bersifat bisa dilakukan dari rumah seperti ibadah, lanjut Syamsul sebaiknya tetap dilaksanakan di rumah.

Syamsul menyarankan apabila masyarakat ingin tetap menggelar salat Idul Adha, agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19. Syamsul meminta masyarakat tak berkerumun saat salat Idul Adha dan penyelenggaraan dilakukan dalam lingkup yang kecil.

Polisi Amankan Bocah Pemicu Kebakaran Bekasi, Lebaran Muhammadiyah Diprediksi Sama dengan Pemerintah

"Kita tidak tahu seseorang yang kelihatan sehat itu itu pernah ke mana saja dan bertemu siapa saja. Sekarang banyak (kategori) orang tanpa gejala. Sebaiknya digelar dalam lingkup kecil seperti jamaahnya hanya satu RT saja," ujar Syamsul.

Tim pencak silat seni beregu Indonesia di SEA Games 2021

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

Pencak silat, seni bela diri warisan budaya Indonesia, telah mendunia. Keindahan gerakannya yang menawan dan filosofi yang terkandung di dalamnya menarik perhatian orang.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024