Gelar Pernikahan di Bandung, Tak Ada Standing Party dan Upacara Adat

Gelar Pernikahan di Bandung, Tak Ada Standing Party dan Upacara Adat

Senin, 29 Juni 2020 | 10:19 WIB
Protokol kesehatan juga harus diperhatikan
Sejumlah anggota keluarga pasangan pengantin duduk dengan jarak saat mengikuti prosesi akad nikah di Aula SD Insan Kamil, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/6/2020).  (Foto ilustrasi)
Photo :
  • ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Sejumlah anggota keluarga pasangan pengantin duduk dengan jarak saat mengikuti prosesi akad nikah di Aula SD Insan Kamil, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/6/2020). (Foto ilustrasi)

VIVA – Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung sekaligus Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menekankan para pengusaha jasa pernikahan atau Wedding Organizer (WO) untuk menerapkan protokol Covid-19 dengan ketat di setiap tahapan acara nikahan untuk memutus mata rantai penularan virus corona.

Bahkan Yana mengimbau prosesi pernikahan agar dipersingkat tanpa menghilangkan substansi akad nikah pengantin. Ketersediaan alat kebersihan penunjang protokol covid-19 seperti tempat cuci tangan atau hand sanitizer serta masker wajib dilaksanakan di semua spot yang memancing kerumunan.

"Jangan dulu 'standing party'. Karena kalau berdiri itu tidak ketahuan jumlahnya. Harus duduk sehingga bisa kelihatan jumlahnya sesuai kapasitas maksimum," ujar Yana di Bandung Jawa Barat, Senin 29 Juni 2020.

Baca juga: Ada Paket Pernikahan Drive Thru, Tengok Konsepnya

Selain standing party, lanjut Yana, durasi pernikahan juga perlu diperhatikan untuk menghindari kerumuman saat prosesi. Hal tersebut wajib dipertimbangkan WO karena kedatangan tamu undangan sulit terprediksi membawa virus covid-19.

"Pada tahap awal sebaiknya tidak diselenggarakan upacara adat yang menyita waktu. Karena kita minta penyelenggara atau keluarga untuk membagi waktu," ujarnya.

"Karena pernikahan itu interaksi orangnya cukup banyak, jadi harus sangat ketat protokol kesehatannya. Kurangnya, sedikit demi sedikit sambil jalan diperbaiki bertahap," lanjut Yana.

Berita Terkait :
Saksikan Juga