JK: Perlu Siapkan Langkah Sebelum Vaksin Corona Ditemukan
Kamis, 2 Juli 2020 | 17:23 WIB

JK: Perlu Siapkan Langkah Sebelum Vaksin Corona Ditemukan

Pengendalian corona hanya bisa dilakukan kalau vaksin ditemukan.
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK), di Jatim.
Photo :
  • VIVAnews/ Nur Faishal (Surabaya)

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK), di Jatim.

VIVA – Hingga kini, pandemi Covid-19 belum bisa dikendalikan. Akibatnya, ekonomi negara-negara tertekan dan kehidupan masyarakat juga belum bisa normal.

Wakil Presiden RI 2014-2019 Jusuf Kalla mengatakan, Covid-19 adalah bencana bagi dunia. Maka di tengah kondisi saat ini, adalah menunggu vaksin ditemukan. Tapi perlu waktu, dan harus ada persiapan-persiapan yang dilakukan sebelum pengendalian melalui vaksin itu bisa ditemukan.

“Maka dari itu kalau kita mau kembali normal, ekonomi normal maka virus itu harus bisa kendalikan. Yang mengendalikan tentu vaksin. Tapi sebelum itu banyak langkah yang dilakukan PMI (Palang Merah Indonesia) dalam rangka mengurangi dampak atau mengendalikan virus tersebut,” kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, melalui webinar, Kamis 2 Juli 2020.

Baca juga: Musim Kemarau, Pemerintah Antisipasi Kebakaran Hutan

Ia mengungkapkan, PMI bisa melakukan semua langkah melawan penyebaran Covid-19 dengan bekerja sama dengan pemerintah, masyarakat dan pihak swasta. Kolaborasi semua unsur itu, harus dilakukan untuk menunggu vaksin virus ini ditemukan.