Panglima Lepas Jenazah Pelda Rama, Prajurit TNI yang Gugur di Kongo

Pelepasan Jenazah Pelda Anumerta Rama Wahyudi, Satgas PBB yang gugur
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melepas jenazah Pelda Anumerta Rama Wahyudi, personel Satgas Kizi TNI Konga XX-Q/Monusco yang gugur akibat serangan milisi bersenjata di wilayah Republik Demokratik Kongo, Senin 22 Juni 2020. 

Mengenal 2 Sosok Jenderal TNI Bintang 4 yang Masih Aktif Betugas

Upacara militer pelepasan jenazah dilakukan di Skadron 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat, 3 Juli 2020, dengan Inspektur Upacara Komandan PMPP TNI Mayjen TNI Victor H. Simatupang. Upacara dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Wakasal Laksdya Mintoro Yulianto, Wakasad Letjen M Fachruddin dan Kasum TNI Letjen Joni Supriyanto.

Baca: Prajurit TNI Gugur dalam Tugas Misi Perdamaian PBB di Kongo

18 Jenderal Bintang 2 Dimutasi Panglima TNI di Akhir Maret 2024

Panglima TNI mengatakan Pelda Anumerta Rama Wahyudi gugur saat melaksanakan misi PBB Monusco di Kongo. Pada saat itu, Pelda Rama Wahyudi sedang melaksanakan tugas mengantar alat-alat berat untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur, namun di tengah jalan diadang kelompok bersenjata.
 
"Pelda Anumerta Rama Wahyudi terkena tembakan dan gugur di tempat. Satu rekannya, pengemudi kendaraan (Pratu M. Syafii Makbul) selamat, karena terkena pecahan kaca dan serpihan material senjata. Saat ini kesehatannya sudah pulih setelah dirawat beberapa hari di rumah sakit," kata Hadi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. 

Jenazah sebelumnya tiba di Tanah Air pada Kamis 2 Juli 2020 malam. Selanjutnya jenazah Rama dibawa menggunakan pesawat C-130 Hercules TNI AU menuju Lanud Roesmin Nurjadin untuk dibawa ke rumah duka, Pekanbaru, Riau. 

4 Pejabat Penting di Lingkungan TNI Diganti, Mayjen Yudi Resmi Jabat Kabais TNI

Rencananya, jenazah Pelda Anumerta Rama Wahyudi akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Pekanbaru, Riau, dengan tata upacara militer yang dipimpin oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah. "Kami seluruh keluarga besar anggota TNI merasa kehilangan. Kehilangan seseorang prajurit terbaik pada misi kemanusiaan," tutur Hadi.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin upacara kenaikan pangkat Pati TNI

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

29 Pati TNI itu terdiri dari 21 Pati TNI AD, 4 Pati TNI AL, dan 4 Pati TNI AU

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024