Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Jepara, Terasa Hingga ke Garut

Gempa magnitudo 6,1 guncang Jepara, Jateng.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa bumi magnitudo 6,1 mengguncang Jepara, Jawa Tengah, Selasa, 7 Juli 2020, pukul 05.54 WIB. Guncangan gempa tersebut turut dirasakan warga Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Syalvi (16), warga Kecamatan Bayongbong Garut, mengaku gempa cukup terasa. Akibat goyangan gempa yang terjadi beberapa saat itu membuat sejumlah benda di kamar tidur bergerak dan mengeluarkan suara.

"Aku kaget tadi, benda-benda di dalam kamar bergerak mengeluarkan suara akibat gempa," ujarnya, Selasa, 7 Juli 2020.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

Hal yang sama disampaikan Lia (35), warga Kecamatan Selaawi Garut. Menurut dia, gempa tersebut sangat terasa, walaupun tidak terlalu besar. Benda yang menggantung terlihat bergoyang untuk beberapa saat. "Besar sih enggak, tapi cukup dirasakan," ujarnya.

Ervan (34), warga Kecamatan Garut Kota, juga merasakan gempa. Menurut dia, tidak ada kepanikan warga karena gempa relatif kecil. "Mungkin karena sedang tiduran," katanya.

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

Sebelumnya, gempa dengan magnitudo 6,1 mengguncang Jepara, Jawa Tengah (Jateng), Selasa, 7 Juli 2020 pukul 05.54 WIB.

Dilansir laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa berada pada 53 km Barat Laut Jepara, Jawa Tengah atau di titik 6,12 Lintang Selatan (LS) dan 110,55 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berada di kedalaman 578 km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami. BMKG menyarankan agar masyarakat hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya